Militer India Lepaskan Tentara China yang Ditahan, Simbol Redanya Ketegangan

Kompas.com - 21/10/2020, 09:19 WIB
Tentara India berjaga di pos perbatasan negara yang terletak di jalan dataran tinggi Ladakh, pada 17 Juni 2020. REUTERS/DANISH ISMAILTentara India berjaga di pos perbatasan negara yang terletak di jalan dataran tinggi Ladakh, pada 17 Juni 2020.

KOMPAS.com – India melepaskan seorang tentara China yang ditahan pasukannya di daerah perbatasan di Pegunungan Himalaya yang disengketakan pada Rabu (21/10/2020).

Pelepasan tentara China oleh India tersebut menandakan redanya ketegangan antara kedua negara ihwal perbatasan di Ladakh.

Sebelumnya, tentara China tersebut ditangkap tentara India pada Senin (19/10/2020).

Dilansir dari The New York Times, prajurit berpangkat kopral tersebut secara tidak sengaja melintasi perbatasan saat membantu penggembala lokal mencari yak yang hilang.

Melalui sebuah pernyataan, kantor berita Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) melaporkan kepulangan prajurit tersebut pada Rabu pagi waktu setempat.

Baca juga: Militer India Tangkap Tentara China di Wilayah Sengketa

Pernyataan itu tidak memberikan rincian terbaru tentang kondisi prajurit tersebut dan alasan mengapa dia pergi tanpa ditemani pasukan lain.

The Global Times, media yang dikendalikan oleh Partai Komunis China, menyambut baik pembebasan tentara tersebut dan menyebutnya sebagai "tanda positif" menjelang putaran pembicaraan berikutnya.

Di sisi lain, militer India mengatakan bahwa mereka telah memberi prajurit China tersebut makanan, pakaian hangat, oksigen, dan perawatan medis untuk melindunginya dari ketinggian yang ekstrem dan kondisi iklim yang keras.

Prajurit tersebut adalah tentara China pertama yang ditahan oleh militer India sejak ketegangan antara kedua negara itu meningkat tahun ini.

Baca juga: Punya Jet Tempur Baru, India Uji Terbang di Dekat Perbatasan China

Ketegangan

Cukup banyak pasukan India yang dimobilisasi ke Ladakh menyusul serangkaian serangan oleh China yang dimulai pada April ke daerah tersebut, meningkatkan sengketa perbatasan yang telah membara selama beberapa dekade.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X