Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 12 Tahun Temukan Fosil "Dinosaurus Paruh Bebek" Berusia 69 Juta Tahun di Kanada

Kompas.com - 17/10/2020, 10:52 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

ALBERTA, KOMPAS.com - Anak laki- laki berusia 12 tahun yang bercita-cita menjadi seorang ahli paleontologi memulai 'karier' pertamanya pada musim panas tahun ini dengan menemukan fosil dinosaurus berusia 69 juta tahun.

Penemuan yang dianggap penting itu dikabarkan oleh Nature Conservancy of Canada, Kamis (15/10/2020).

Anak laki-laki itu bernama Nathan Hrushkin. Dia dan ayahnya, Dion, sedang mendaki sebuah area konservasi di Horseshoe Canyon, Kanada pada bulan Juli lalu.

Baca juga: Fosil Bulu Tertua Ditemukan, Ternyata Milik Dinosaurus Ini

Mereka menemukan sebagian tulang mencuat di atas permukaan tanah. "Ayah dan aku sudah sering mengunjungi tempat ini selama beberapa tahun, berharap menemukan fosil dinosaurus dan kami melihat banyak fragmen tulang kecil di sana," ungkap Nathan.

Namun pada musim panas lalu, Nathan tak hanya sekadar menemukan fragmen. Setelah mengirimkan foto tulang yang mencuat itu ke Museum Royal Tyrrell untuk konfirmasi, Nathan akhirnya menyadari bahwa dia tengah berada di atas fosil tulang hadrosaurus kecil atau dinosaurus berparuh bebek.

Karena laporan adanya fosil dari Horseshoe Canyon sangat jarang terjadi, Museum Royal Tyrrell pun mengirim sebuah tim ke situs tersebut.

Baca juga: Kerangka Tulang Mammoth Berbulu Ditemukan di Siberia Utara

Tim itu kemudian menemukan tulang lainnya sebanyak 30 sampai 50 tulang di Canyon tersebut menurut keterangan Nature Coonservancy of Canada.

Para pakar lalu menentukan bahwa 4 tulang yang ditemukanitu terdiri dari anggota badan, pinggul, bahu dan sebagian tengkorak.

Semuanya milik 1 mahkluk yang sama, seekor hadrosaurus yang diperkirakan berusia 3 atau 4 tahun.

Meski pihak konservasi menyatakan bahwa hadrosaurus adalah fosil paling umum yang dapat ditemukan di daerah tersebut, penemuan Nathan tetap menjadi istimewa karena usia hewan purba itu ditemukan dalam formasi batuan.

Baca juga: Analisis Ulang Fosil Ungkap 2 Juta Tahun Lalu Eropa Kaya Keragaman Hewan

"Hadrosaurus muda ini adalah penemuan yang sangat penting karena berasal dari selang waktu yang sangat sedikit kita ketahui tentang jenis dinosaurus atau hewan yang hidup di Alberta," kata François Therrien, kurator paleoekologi dinosaurus di Museum Paleontologi Royal Tyrrell.

“Temuan Nathan dan Dion akan membantu kita mengisi celah besar dalam pengetahuan kita tentang evolusi dinosaurus.”

Ada banyak spesies hadrosaurus, sehingga para ahli akan memberikan perhatian khusus pada sebagian tengkorak yang ditemukan untuk mengetahuinya.

Bagi Nathan, yang ingin menjadi ahli paleontologi selama enam atau tujuh tahun ini, temuan itu merangkum semua yang dia sukai tentang paleontologi.

Baca juga: Dinosaurus Bersayap Mirip Kalkun, Fosil Pterosaurus Kecil Ditemukan

“Saya terpukau dengan bagaimana tulang dari makhluk yang hidup puluhan juta tahun lalu menjadi fosil batuan yang hanya mendekam di tanah menunggu untuk ditemukan,” katanya.

Fosil tersebut ditemukan di ngarai Nodwell, yang menurut catatan geologis memiliki batu pasir, batu lumpur, lapisan batubara, abu vulkanik, dan fosil yang berasal dari 71 juta hingga 68 juta tahun yang lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com