[Biografi Tokoh Dunia] Napoleon Bonaparte, Pemimpin Militer Agung yang "Diisukan" Bertubuh Pendek

Kompas.com - 17/10/2020, 09:26 WIB
Salah satu lukisan yang menampilkan sosok penguasan Perancis, Napoleon Bonaparte. BBCSalah satu lukisan yang menampilkan sosok penguasan Perancis, Napoleon Bonaparte.

KOMPAS.com – Napoleon Bonaparte adalah seorang jenderal militer Perancis, kaisar pertama Perancis, dan salah satu pemimpin militer terbesar di dunia.

Semasa hidupnya, Napoleon terkenal membuat banyak sekali gebrakan dalam sejumlah bidang yang hingga kini masih terasa pengaruhnya.

Gebrakan-gebrakan tersebut seperti revolusi organisasi dan pelatihan militer, pencetus Kode Napoleon, mengatur ulang sistem pendidikan, dan lain-lain.

Napoleon lahir di Ajaccio, di Pulau Corsica, Perancis, pada 15 Agustus 1769 sebagaimana dilansir dari Biography.

Napoleon adalah anak kedua dari tujuh bersaudara, dari pasangan bangsawan lokal Carlo Buonaparte dan istrinya, Letizia Ramolino.

Bersama kakaknya, Joseph, Napoleon disekolahkan oleh orang tuanya di College d'Autun Perancis.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Blaise Pascal, Pakar Matematika Penemu Halte

Karir Militer

Panggilan hati untuk menjadi seorang tentara memang tak bisa dielakkan Napoleon.

Akhirnya, Napoleon melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi militer di Brienne, Perancis. Lima tahun kemudian, dia pindah ke akademi militer di Paris, Perancis.

Pada 1785, ketika Napoleon masih di akademi militer, ayahnya meninggal karena kanker perut.

Kematian ayahnya membuatnya mengambil kendali sebagai kepala keluarga. Dia akhirnya dapat lulus lebih awal dari akademi militer dan kembali ke Corsica pada 1786.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X