Trump Protes Facebook dan Twitter karena Berusaha Tutupi Kasus Joe Biden dan Putranya

Kompas.com - 16/10/2020, 10:13 WIB
Joe Biden dan Donald Trump AFPJoe Biden dan Donald Trump

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menegur Facebook dan Twitter pada Rabu (14/10/2020) karena memblokir tautan ke artikel New York Post yang dimaksudkan untuk mengungkap transaksi korup oleh saingan pemilu Joe Biden dan putranya di Ukraina.

Surat kabar itu mengatakan telah memperoleh komputer yang ditinggalkan oleh Hunter Biden yang melibatkan ayahnya dalam urusan bisnis Ukraina.

Mantan wakil presiden, calon dari Partai Demokrat untuk pemilu 3 November, itu berulang kali membantah keterlibatan tersebut.

"E-mail tak terbantahkan mengungkapkan bagaimana Hunter Biden memperkenalkan pengusaha Ukraina kepada ayahnya," tulis tajuk utama surat kabar itu, seperti dilansir AFP pada Kamis (15/10/2020).

Karena kampanye Biden menyangkal bahwa dia pernah bertemu dengan pengusaha tersebut, Facebook dan Twitter membatasi penautan ke artikel tersebut, dengan mengatakan ada pertanyaan tentang kebenarannya.

Baca juga: Terungkap, Putra Joe Biden Kenalkan Pejabat Perusahaan Energi Ukraina Burisma ke Ayahnya

"Ini adalah bagian dari proses standar kami untuk mengurangi penyebaran informasi yang salah," kata juru bicara Facebook Andy Stone.

Twitter mengatakan, pihaknya membatasi penyebaran artikel karena pertanyaan tentang "asal-usul materi" yang termasuk dalam artikel tersebut.

Partai Republik marah dengan apa yang mereka sebut sensor partisan.

Trump, yang memperoleh suara di bawah Biden dalam jajak pendapat 20 hari sebelum pemilihan presiden, mengecam dua raksasa media sosial itu.

"Sangat mengerikan bahwa Facebook dan Twitter menghapus cerita e-mail 'tak terbantahkan' yang terkait dengan Joe Biden dan putranya, Hunter, di @NYPost," tulis Trump di Twitter.

Baca juga: Senator Partai Republik: Biden Berpeluang Jadi Presiden AS

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X