Trump Puji Kim Jong Un dan Putin, Apa Katanya?

Kompas.com - 15/10/2020, 23:57 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjalan di Hotel Metropole Hanoi, Vietnam, dalam pertemuan hari kedua Kamis (28/2/2019). via Sky NewsPemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjalan di Hotel Metropole Hanoi, Vietnam, dalam pertemuan hari kedua Kamis (28/2/2019).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump disbeut memuji sosok seperti Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Trump mengatakannya dalam kampanye di Des Moines, Iowa, di mana dia melontarkan ejekan terhadap rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Dalam kampanyenya, sang presiden mengatakan dia meragukan ketahanan mental Biden, dan berkata ke pendukungnya usia tua adalah hal terhindarkan.

Baca juga: Setelah Trump dan Istri, Anak Bungsunya Barron Trump Positif Covid-19

"Joe itu sudah terkena, OK. Suka atau tidak suka. Kalian tahu jika giliran itu sudah menimpa kalian, maka kalian tak bisa jadi presiden," kata Trump.

"Satu hal yang saya pelajari, Presiden Xi Jinping dari China 100 peren. Putin dari Rusia 100 persen," kata dia merujuk kepada mental para pemimpin negara besar dunia.

Dia kemudian mengomentari Kim Jong Un, yang pada pekan lalu menangis dalam parade militer perayaan 75 tahun Partai Buruh Korea.

"Kim Jong Un, omong-omong apa yang terjadi dengan perang yang seharusnya kita masuki? Kim Jong Un dari Korea Utara, dia juga 100 persen," ujar dia.

Presiden 74 tahun itu kemudian mengatakan para diktator ini adalah orang yang tajam dan pintar. Sementara Joe Biden sudah tidak punya.

Baca juga: Keponakan Trump Ungkap Betapa Egois dan Sembrono Pamannya soal Covid-19

Dia kemudian mengejek mantan wakil Barack Obama tersebut bukanlah sosok yang pintar. Bahkan ketika dia berada di usia muda.

Trump menuding jika Biden menang, maka pihak Demokrat yang dia sebut radikal kiri bakal menguasai AS, dilansir Newsweek Rabu (14/10/2020).

Halaman:

Sumber Newsweek
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X