PM Selandia Baru Jacinda Ardern Berjanji Mundur jika Kalah Pemilu

Kompas.com - 15/10/2020, 16:38 WIB
PM Selandia Baru Jacinda Ardern saat berbicara di konferensi pers yang digelar bersama PM Australia Scott Morrison, di Admiralty House, Sydney, Australia, 28 Februari 2020. REUTERS/LOREN ELLIOTTPM Selandia Baru Jacinda Ardern saat berbicara di konferensi pers yang digelar bersama PM Australia Scott Morrison, di Admiralty House, Sydney, Australia, 28 Februari 2020.

WELLINGTON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan, dia bersedia mundur sebagai Ketua Partai Buruh jika kalah dalam pemilu.

Partainya saat ini menikmati keunggulan 15 poin dalam jajak pendapat, jelang pemilihan umum yang bakal dihelat pada Sabtu (17/10/2020).

Namun dalam debat yang disiarkan, Ardern menjawab "Tidak" saat ditanya apakah dia bakal menjadi pemimpin oposisi jika ternyata mengalami kekalahan.

Baca juga: PM Selandia Baru Jacinda Ardern Ungguli Suara Pemilih 2 Hari Jelang Pemilu

PM Selandia Baru sejak 2017 itu mengatakan, komitmennya memimpin "Negeri Kiwi" membutuhkan pengorbanan, apalagi selama tiga tahun terakhir.

"Saya tidak pernah menerima begitu saja bahwa saya di sini. Saya memberikan segalanya," jelas Jacinda Ardern seperti dikutip AFP Kamis (15/10/2020).

"Tak peduli krisis separah apa pun yang terjadi, Anda bisa tenang karena saya memberikan segalanya. Termasuk pengorbanan," tegasnya.

Ardern menerangkan jika nantiya dia keluar saat kalah di pemilu, dia menekankan masih tetap aktif di politik meski dalam kapasitas berbeda.

Dia juga menuturkan dia ingin melakukan perubahan dan tak menggelar debat yang penuh dengan hinaan dan menyerang pribadi lawannya.

"Saya tidak ingin bangsa ini terpolarisasi, dan berbeda dari negara lain, kami cukup bagus saat ini," jelas ibu satu anak itu.

Baca juga: Dihantam 2 Gelombang Virus Corona, Selandia Baru Sukses Atasi Semuanya

Dalam polling yang dirilis TVNZ Kamis, Partai Buruh pimpinan Ardern menjadi yang terdepan dengan 46 persen, meski terselip satu poin dari bulan lalu.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X