Pernyataan BTS soal Perang Korea Tuai Kecaman Netizen China

Kompas.com - 14/10/2020, 19:27 WIB
Boyband asal Korea Selatan BTS menggelar konser virtual Map of the Soul: ON:E, Sabtu (10/10/2020). Twitter/Big Hit EntertainmentBoyband asal Korea Selatan BTS menggelar konser virtual Map of the Soul: ON:E, Sabtu (10/10/2020).

SEOUL, KOMPAS.com - Warga China marah atas pernyataan pemimpin grup band terkenal asal Korea Selatan yang mengucapkan terima kasih kepada veteran perang Korea yang telah berkorban.

Melansir Associated Press (AP), RM berbicara dalam rekaman pidato penerimaan penghargaannya dari masyarakat Korea karena mempromosikan hubungan AS-Korea.

RM berkata, "Kami akan selalu mengingat sejarah penderitaan yang dirasakan 2 negara ini dan pengorbanan dari para pria dan wanita yang tak terkira jumlahnya," dia berkata tanpa menyebut China.

Baca juga: Nasib Tragis Para Anak Tahanan Perang Korea, Status Sosial Rendah dan Cuma Boleh Kerja Kasar

"Setelah 70 tahun, dunia tempat kita tinggal lebih dekat dari sebelumnya. Batasan di berbagai aspek semakin terhapus," ujar RM. 

"Sebagai anggota dari masyarakat global, kita harus membangun pemahaman yang lebih dalam dan juga solidaritas agar bisa bersama-sama bahagia."

Para netizen dan media China menganggap pernyataan RM adalah 'tamparan' bagi China yang tentaranya bertempur bersama pasukan korea utara selama upaya gagal mereka untuk mencaplok Korea Selatan dalam perang tahun 1950-1953.

Baca juga: Hilang 70 Tahun, Jenazah Tentara AS Saat Perang Korea Ditemukan Trump di Korut

Mereka juga menuduh RM telah mengabaikan peran China dalam perang, di mana propaganda Partai Komunis China menyalahkan AS dan bukan serangan dari pemimpin Korea Utara Kim Il Sung ke Korea Selatan.

“Sebelumnya, saya pikir beberapa lagu BTS cukup bagus. Sekarang, mereka seperti berlumuran kotoran,” kata seorang netizen di media sosial China, Weibo.

“Menghina China sama sekali tidak diperbolehkan.”

Tagar "BTS Insults China" (BTS menghina China) telah dilihat lebih dari 4,5 juta kali, menurut media Weibo.

Baca juga: 5 Fakta 70 Tahun Perang Korea

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X