Terinfeksi Covid-19 Kedua Kali, Pasien Ini Meninggal Dunia

Kompas.com - 14/10/2020, 07:25 WIB
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien Covid-19

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Seorang wanita di Belanda menjadi orang pertama yang dilaporkan meninggal karena terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya.

Pasien berusia 89 tahun tersebut meninggal dunia setelah tiga pekan terinfeksi kembali oleh Covid-19 untuk kedua kalinya.

Laporan tersebut tertulis dalam sebuah publikasi ilmiah yang terbitkan oleh Oxford University Press sebagaimana dilansir dari Mirror, Selasa (13/10/2020).

Pada saat kematiannya, dia menjalani kemoterapi karena mengidap kanker sel darah putih langka yang disebut Waldenstrom makroglobulinemia.

Baca juga: Ini Dia, Kisah Petualangan Sopir Ambulans Penuhi Keinginan Terakhir Para Pasien Sakit Keras

Peneliti mengatakan wanita itu awalnya menderita demam dan batuk parah ketika tiba di unit gawat darurat awal tahun ini, lapor Dutch News.

Dia dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan dirawat di rumah sakit selama lima hari.

Setelah itu gejalanya mereda sepenuhnya, kecuali kelelahan yang terus berlanjut, kata surat kabar itu.

Hampir dua bulan kemudian, dan hanya dua hari setelah menjalani putaran baru kemoterapi, dia mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

Baca juga: Trump Diberi Dexamethasone, Obat Pasien Covid-19 yang Kritis

Saat dirawat di rumah sakit, saturasi oksigennya 90 persen dengan kecepatan pernafasan 40 napas per menit.

Dia kembali dites dan dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Sementara itu, tes antibodinya menunjukkan hasil negatif pada hari keempat dan keenam.

Halaman:

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X