Debat Cawapres AS: "Kucing-kucingan" Mike Pence dan Kamala Harris dari Pertanyaan Moderator

Kompas.com - 08/10/2020, 11:48 WIB
Calon Wakil Presiden Partai Republik Wakil Presiden Petahana Mike Pence berdebat dengan Calon Wakil Presiden Partai Demokrat Senator California Kamala Harris di kampus Universitas Utah, Salt Lake City, Utah, Rabu malam (07/10//2020) AFP via GETTY IMAGES/ERIC BARADATCalon Wakil Presiden Partai Republik Wakil Presiden Petahana Mike Pence berdebat dengan Calon Wakil Presiden Partai Demokrat Senator California Kamala Harris di kampus Universitas Utah, Salt Lake City, Utah, Rabu malam (07/10//2020)

SALT LAKE CITY, KOMPAS.com – Debat calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat (AS) berjalan jauh lebih tenang dan terkontrol dibanding debat pertama calon presiden (capres) yang kacau dan penuh interupsi.

Berlangsung di kampus Universitas Utah di Salt Lake City Rabu malam (7/10/2020) waktu setempat, kedua cawapres, petahana Mike Pence dan penantangnya Senator California Kamala Harris menggunakan momen debat untuk menguraikan lebih jauh program kampanye mereka.

Saling hindari jawab pertanyaan

Satu hal yang mengemuka dan terlihat jelas adalah kedua cawapres berkali-kali "kucing-kucingan" menghindari menjawab langsung pertanyaan yang disampaikan oleh moderator Susan Page.

Pence dan Harris kerap tidak memberikan jawaban dan mengganti topik pertanyaan.
Misal mengenai pandemi Covid-19. Pence tidak menjawab tegas ketika ditanya apakah bijak bagi Gedung Putih untuk menggelar acara pengumuman calon Hakim Agung Amy Coney Barrett.

Acara di Rose Garden itu diduga sebagai sumber awal penyebaran virus corona di klaster Gedung Putih, yang menjangkiti Presiden Donald Trump, ibu negara Melania Trump, staf Gedung Putih, dan sejumlah senator.

“Ada banyak spekulasi mengenai acara itu. Yang pasti banyak hadirin telah dites. Acara berlangsung di tempat terbuka seperti yang telah direkomendasikan oleh ahli-ahli kesehatan.” kata Mike Pence.

Sementara itu Harris tidak memberi jawaban langsung ketika ditanya apakah pemerintahannya bersama Joe Biden akan menerapkan lockdown terbaru dan kewajiban memakai masker jika mereka terpilih.

Kedua cawapres lalu berpindah topik ketika ditanya mengenai fungsi dan peran wakil presiden.

Moderator Page meminta kedua cawapres menjawab apakah ada pembicaraan spesifik penyerahan tanggung jawab pemerintahan, jika capres yang mereka dampingi tiba-tiba tidak dapat menjalankan tugas kepresidenan.

Pertanyaan ini muncul karena usia Trump dan Biden yang sudah kepala tujuh masing-masing 74 tahun dan 77 tahun.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X