Masuk 10 Bulan Penyebaran Covid-19, Begini Kondisi Seluruh Negara di Dunia

Kompas.com - 07/10/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) SHUTTER STOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Virus corona masih terus menyebar ke seluruh dunia, dengan hampir 35 juta kasus terkonfirmasi di 188 negara dan lebih dari 1 juta kasus kematian.

Beberapa negara yang telah berhasil menekan Covid-19 pada awal wabah, kini kembali mengalami peningkatan kasus positif.

Penularan virus ini juga masih terus meningkat di banyak wilayah, termasuk Indonesia, seperti yang dilansir dari BBC Indonesia pada Senin (5/10/2020). 

Amerika Serikat masih menempati posisi pertama dengan jumlah kasus positif virus corona dan jumlah kematian tertinggi di dunia, disusul Brasil dan India.

Baca juga: Pandemi Virus Corona, IMF Perpanjang Keringanan Utang 28 Negara

AS dengan angka kematian tertinggi

Pada Jumat (02/10) Presiden Donald Trump dan istrinya Melania Trump didiagnosis positif virus corona. Ini memicu berbagai spekulasi terkait pemilu AS yang tinggal sebulan lagi.

Tak sampai 24 jam setelah pernyataan Trump bahwa ia tertular, presiden AS dari partai Republik ini diterbangkan ke rumah sakit militer Walter Reed dan dirawat di sana.

Sejumlah pendukungnya menggelar aksi di sejumlah wilayah termasuk di luar rumah sakit tempat Trump dirawat.

Jumlah tes harian telah meningkat. Menurut data Proyek Pelacakan Covid-19 yang berbasis di AS, terdapat lebih dari 1 juta tes sejak 19 September.

Sementara angka kematian telah menurun, dengan rata-rata kematian selama 7 hari terakhir di bawah 1.000 sejak akhir Agustus.

Wabah telah berdampak buruk pada ekonomi negara maju ini, Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai rekornya, turun 33 persen dalam 3 bulan dari April hingga Juni.

Baca juga: Trump Pulang dari RS, Klaster Virus Corona Gedung Putih Masih Meluas

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X