Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Kondisinya Lebih Baik, Trump Menuju "Ujian Sebenarnya"

Kompas.com - 04/10/2020, 17:14 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BETHESDA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) dalam sebuah video yang diunggah ke Twitter Sabtu malam (4/10/2020) mengatakan, dia merasa "jauh lebih baik" tetapi beberapa hari ke depan akan menjadi "ujian sebenarnya".

Presiden berusia 74 tahun itu coba meyakinkan publik tentang kemajuan kondisinya, beberapa jam setelah sumber yang mengklaim tahu kondisi presiden memperingatkan tanda-tanda vitalnya mengkhawatirkan, dengan 48 jam berikutnya bakal kritis.

"Saya tiba di sini, merasa tidak enak badan," kata Trump yang dirawat di Rumah Sakit Militer Walter Reed dekat Washington, setelah didiagnosis positif Covid-19.

"Saya merasa jauh lebih baik sekarang, kami bekerja keras intuk membuat saya pulih."

Baca juga: Dirawat dengan Obat yang Masih Uji Klinis, Trump jadi Kelinci Percobaan?

Tidak diketahui kapan pastinya video itu direkam, dan tampaknya diambil di Walter Reed antara sebelum atau sesudah peringatan soal kondisinya, yang belakangan dikatakan media-media AS bersumber dari kepala staf Gedung Putih Mark Meadows.

Pesan itu berkebalikan dengan pengamatan para dokternya, seperti dokter Gedung Putih Sean Conley yang mencirikan Trump banyak bergerak, tidak demam selama 24 jam, dan batuk yang membaik serta berkurangnya hidung tersumbat serta kelelahan.

Trump yang mengenakan setelan jas biru beserta kemeja putih tapi lebih kasual dari biasanya karena tanpa dasi, memperkirakan waktu pemulihan akan lebih cepat.

Baca juga: Mahfud MD: Jangan Main-main sama Covid-19, Donald Trump Itu Dulu Enggak Percaya

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com