Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirawat karena Covid-19, Trump Masih Tetap Bekerja dari RS

Kompas.com - 03/10/2020, 23:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump disebut tetap bekerja, meski dia kini tengah mendapat perawatan karena positif Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan oleh dokter kepresidenan Sean Conley dalam konferensi pers mengenai perkembangan kondisi presiden.

Dr Conley menerangkan, presiden 74 tahun itu dibawa ke Rumah Sakit Walter Reed di pinggiran Washington "sebagai langkah pencegahan".

Baca juga: Setelah Semalam Dirawat karena Positif Covid-19, Bagaimana Kabar Trump?

Setelah dirawat selama satu malam, tim dokter menyatakan bahwa mereka "sangat senang dengan perkembangan yang dibuat oleh Trump".

Dr Conley menjelaskan, sang presiden mendapatkan tim yang terdiri dari pakar multidisiplin, yang memantaunya secara kontinyu.

Dokter menjabarkan bahwa sejak Jumat pagi waktu setempat (2/10/2020), suami dari Ibu Negara Melania Trump tersebut tak mengalami demam.

Mereka menegaskan bahwa Trump saat ini tidak tidak mengalani masalah pernapasan sehingga harus membutuhkan bantuan oksigen.

Bahkan, salah seorang dokter mengungkapkan bahwa sang presiden memberitahunya dia "siap untuk melangkah keluar pada Sabtu ini", seperti dilansir BBC (3/10/2020).

Selama 24 jam dirawat karena positif Covid-19, presiden ke-45 dalam sejarah "Negeri Uncle Sam" itu tetap menjalankan tugasnya.

Saat awak media menanyakan kapan presiden bisa meninggalkan rumah sakit, Dr Conley menerangkan mereka masih melakukan serangkain tes terhadapnya.

Trump, kata Conley, diawasi ketat untuk setiap komplikasi, di mana dia saat ini sudah tidak demam, batuk, maupun tak mengalami hidung tersumbat.

Selama menjalani perawatan, Dr Conley mengatakan bahwa sang presiden mendapatkan obat Remdesivir hingga obat yang masih dalam tahap uji coba.

Trump menjadi sorotan setelah dalam kicauannya Kamis waktu setempat (1/10/2020), dia mengumumkan bersama istrinya, Melania Trump, mereka positif virus corona.

Kabar tersebut muncul beberapa saat setelah stafnya yang juga mantan Direktur Komunikasi Gedung Putih Hope Hicks, juga terpapar.

Baca juga: Trump Positif Covid-19, Media China: Dia Membayar Akibatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com