Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah WNI Jadi Relawan Pemadam Kebakaran California, Kerja 18 Jam Sehari

Kompas.com - 03/10/2020, 11:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

CALIFORNIA, KOMPAS.com – Seorang warga negara indonesia (WNI) di Amerika Serikat (AS), Muhammad Yulfiano Gerwynaldo, menjadi relawan pemadam kebakaran di wilayah California, AS.

Pria yang akrab disapa Ano tersebut ikut memadamkan kebakaran yang meluas di wilayah California, AS, selama tiga pekan terakhir.

Dia juga merupakan personel Pemadam Kebakaran Los Angeles City, California, AS.

Menurut rilis yang diterima Kompas.com dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles, Ano secara intens bersama tim pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang terus menjalar dengan skala yang cukup besar hingga mendekati pemukiman warga.

“Sudah tiga pekan ini ini saya membantu tim Pemadam Kebakaran Los Angeles. Seperti yang diberitakan, kebakaran tahun ini terburuk sepanjang sejarah,” jelas Ano.

Baca juga: Daerah Penghasil Anggur Terkenal di California Alami Kebakaran Hebat

Ano menceritakan bahwa ini merupakan penugasan ketiganya sejak dia memperkuat tim Pemadam Kebakaran Los Angeles.

Slama penugasan tersebut, dia dan anggota timnya tinggal di Incident Command Post yang didirikan dekat dengan daerah kebakaran berlangsung.

Mereka tinggal di sana untuk kurun waktu yang lama hingga api dapat dipadamkan secara total.

Setiap hari, mereka bekerja memadamkan api dengan durasi 16-18 jam per harinya. Bahkan di hari pertama, tim bekerja selama 36 jam.

Alumni Fire Academy Los Angeles tersebut mengaku bahwa motivasi utamanya ikut terlibat dan terjun langsung ke lapangan karena panggilan hati.

Baca juga: Tidak Dilayani, Seorang Wanita Kelaparan di KFC California Ngamuk

“Hati saya tergerak melihat kebakaran yang terjadi di Negara Bagian California. Sebagai manusia, saya perlu melakukan sesuatu. Dan ini merupakan sebuah misi kemanusiaan yang mulia,” sambung Ano.

Pada kesempatan terpisah, Konsul Jenderal RI Saud P Krisnawan ikut bangga atas keterlibatan aktif Ano sebagai relawan pemadam kebakaran di hutan California.

“Kami bangga sekali atas apa yang dilakukan Ano. Selain bentuk misi kemanusiaan, tindakan ini semakin memperkuat hubungan people to people contact dan saling mendekatkan antar masyarakat kedua bangsa,” terang Saud.

Saud turut menekankan bahwa keterlibatan Ano secara tidak langsung menunjukkan ciri khas orang Indonesia yang memiliki semangat gotong royong yang luar biasa.

Baca juga: Belasan Korban Terbakar Hidup-hidup di Mobil dan Jalanan akibat Kebakaran Hutan California

Menyikapi musibah tersebut, KJRI Los Angeles secara intensif terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memastikan keadaan WNI yang bermukim di dekat lokasi kejadian.

Halaman:
Sumber Rilis
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com