Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk RS karena Positif Covid-19, Trump: Saya Kira Saya Baik-baik Saja

Kompas.com - 03/10/2020, 10:46 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump merilis video setelah dia positif terinfeksi Covid-19 dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Saya kira saya baik-baik saja. Tetapi jelas saya akan memastikan segalanya lancar," jelas sang presiden kepada pendukungnya.

Ketika keluar dari Gedung Putih dan dibawa ke rumah sakit "untuk beberapa hari ke depan", Trump mengacungkan jempol sebelum naik ke helikopter.

Baca juga: Trump Positif Covid-19, Stigma Para Warga: Bukti Presiden Tidak Serius Tangani Virus hingga Trik Politik

"Saya akan pergi ke Rumah Sakit Walter Reed. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan," kata dia dalam video di Twitter.

Adapun berdasarkan keterangan Washington, presiden yang juga taipan real estate itu harus menjalani perawatan sesuai dengan saran tim dokter kepresidenan.

"Presiden Trump masih sangat bersemangat, hanya mempunyai gejala ringan, dan tetap bekerja," jelas Sekretaris Pers Kayleigh McEnany.

Dilansir Sky News Jumat (2/10/2020), McEnany mengatakan presiden dan Ibu Negara Melania Trump berterima kasih atas dukungan yang mereka terima.

Seorang sumber kepada Reuters mengungkapkan, dia menderita demam ringan ketika hasil tes menunjukkan dia positif terinfeksi Covid-19.

Dokter kepresidenan juga menuturkan bahwa Trump mengalami "kelelahan". Meski begitu, mereka menegaskan bahwa dia masih tetap bersemangat.

Baca juga: Positif Covid-19, Donald Trump Diberi Cocktail Antibodi Regeneron, Apa Itu?

Dia memperoleh suntikan dengan obat eksperimen, yakni racikan antibodi, begitu juga dengan vitamin dan obat lain seperti aspirin.

Dokter Sean P Conley menerangkan, presiden yang mulai menjabat sejak Januari 2017 itu mendapat 8 gram dosis racikan Regeneron yang disuntikkan "tanpa insiden".

Dia juga harus minum zinc, vitamin D, famotidine (untuk mengurangi produksi asam lambung), melatonin (harmon natural untuk membantu tidur), dan aspirin.

Berdasarkan pengakuan tiga orang kepada NBC News, mantan pembawa acara The Apprentice tersebut menderita demam tingkat rendah.

"Beliau terus dimonitor oleh tim pakar. Bersama kami akan memberikan rekomendasi kepada presiden dan ibu negara apa yang harus dilakukan," papar Dr Conley.

Baca juga: Biden Doakan Trump dan Melania Trump agar Cepat Sembuh

Sementara Melania hanya menderita batuk ringan dan sakit kepala, seluruh keluarganya sudah diperiksa dan dinyatakan negatif virus corona.

Adapun rivalnya, kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, mengumumkan dia negatif corona bersama istrinya, Jill.

Kepada awak media, Biden menjelaskan positifnya Trump harus menjadi pengingat bahwa mereka harus merespons Covid-19 secara serius.

"Jadilah patriot. Ini bukan Anda sok gagah. Tapi jalankanlah peran Anda dengan memakai masker yang bisa melindungi Anda dan sekeliling Anda," kata dia.

Presiden ke-45 AS tersebut beserta Melania Trump harus menjalani isolasi diri satu bulan sebelum Pilpres AS diselenggarakan.

Baca juga: Kesampingkan Pertarungan Politik, Obama Beri Dukungan ke Trump yang Positif Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com