Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2020, 13:23 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersama istrinya dinyatakan positif Covid-19. Ia mengumumkan sendiri kondisinya di Twitter siang ini (2/10/2020).

Sebelum hasil tes virus corona menunjukkan positif, ajudan terdekat Trump yakni Hope Hicks lebih dulu dinyatakan positif.

Trump sendiri kerap ngeyel tidak mau pakai masker sebelum melakukannya belakangan ini. Presiden ke-45 AS tersebut baru memakai masker saat berkunjung ke Rumah Sakit Militer Walter Reed pada Sabtu (11/7/2020).

Lantas ada berapa banyak momen atau acara yang dihadiri Trump tanpa mengenakan masker? Berikut daftarnya.

Baca juga: Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump Positif Covid-19

1. Menolak anjuran CDC

Awal April 2020 Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengimbau masyarakat agar memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Trump pun meneruskan imbauan itu kepada para rakyatnya, tapi bukannya mewajibkan dia justru menyebutnya sukarela.

"Kalian tak harus melakukannya. Saya memilih tak memakainya. Mungkin sebagian orang akan mengenakannya, itu bagus," kata taipan real estate tersebut dikutip dari BBC.

Saat awak media menanyakan alasannya, dia hanya menjawab tak ingin melakukannya, apalagi sambil melakoni tugasnya di Ruang Oval.

"Saya memakai masker saat menjamu raja, presiden, diktator, perdana menteri. Saya merasa tak cocok saja. Mungkin nanti saya akan berubah pikiran," katanya.

Baca juga: Presiden AS Donald Trump Umumkan Positif Covid-19 lewat Twitter

2. Menjamu Presiden Brasil tanpa masker

Sebelum menolak anjuran CDC, Trump menjamu kunjungan kenegaraan Presiden Brasil Jair Bolsonaro dan para delegasinya tanpa masker.

Pertemuan resmi di resor Donald Trump di Florida pada Sabtu (7/3/2020) itu kemudian berujung pada Sekretaris Komunikasi Brasil Fabio Wajngarten yang positif corona.

Dalam kunjungan tersebut, Fabio menemani Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan sempat makan malam bareng Trump di Mar-A-Lago.

Fabio pada akhirnya bisa sembuh, tapi beberapa bulan kemudian Bolsonaro yang dikenal berkawan karib dengan Trump juga positif Covid-19 karena meremehkan virus corona.

Baca juga: Setelah Kunjungan ke AS, Sekretaris Presiden Brasil Positif Virus Corona

3. Kampanye tanpa masker

Kengototan Trump tak mau memakai masker ia tunjukkan saat hendak memulai kampanye di Tulsa, Oklahoma, 19 Juni.

Ketidakpeduliannya juga ditunjukkan dengan mengeluarkan surat perjanjian yang harus ditandatangani pendukungnya, untuk tidak melayangkan tuntutan jika tertular virus corona saat kampanye.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com