Terlibat "Sekte Budak Seks", Ahli Waris Kekayaan Perusahaan Miras Dipenjara

Kompas.com - 01/10/2020, 11:25 WIB
Clare Bronfman menyatakan penyesalannya atas peran di sekte ini. BBC IndonesiaClare Bronfman menyatakan penyesalannya atas peran di sekte ini.

KOMPAS.com - Seorang ahli waris perusahaan minumas keras di Amerika Serikat, Clare Bronfman, dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun dan sembilan bulan atas perannya dalam sekte perbudakan seks " Nxivm".

Brofman, ahli waris kekayaan perusahaan miras Seagram sekaligus penyandang dana bagi pemimpin Nxivm, Keith Raniere, mengaku bersalah pada April 2019 karena menampung sejumlah migran untuk "diperkerjakan dan melayani" tanpa upah.

Dia juga mengakui telah melakukan penipuan kartu kredit.

Dia sudah dibawa ke tahanan untuk menjalani hukuman penjara setelah vonis dibacakan di Pengadilan Brooklyn, New York.

Dalam keterangan tertulis kepada pengadilan akhir bulan lalu, Bronfman mengatakan, dia "tidak pernah bermaksud untuk menyakiti siapa pun, tapi bagaimanapun saya melakukannya, dan atas hal tersebut saya sangat menyesal".

Namun, dia mengatakan Nxivm telah "mengubah hidup saya menjadi lebih baik" dan dia tidak akan mengkhianati pemimpin sekte tersebut, Raniere.

Baca juga: Kuburan Massal Ditemukan, Diduga Terkait Sekte Agama Cahaya Baru Ilahi

Apa itu Nxivm?

Nxivm, dibaca "Nexium" berdiri pada 1998 dan telah bekerja dengan lebih dari 16.000 orang di berbagai kota besar di AS, Kanada, Meksiko, dan Amerika Tengah.

Di situsnya, mereka menyebut diri sebagai sebuah "perkumpulan yang mengacu pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang berupaya memberdayakan masyarakat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting mengenai apa makna menjadi manusia".

Namun, terlepas dari jargon "bekerja untuk membangun dunia yang lebih baik", Raniere tahun lalu telah divonis bersalah lantaran melaksanakan sistem "budak dan tuan".

Dokumen pengadilan tahun lalu menyebut Nxivm beroperasi seperti sekte.

Baca juga: Kakek 77 Tahun Pimpin Sekte Seks, Para Gadis Tunduk dan Rela Dilecehkan

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X