Miss Sherlock Yuko Takeuchi Tewas Bunuh Diri, Jepang Imbau Warganya

Kompas.com - 28/09/2020, 17:53 WIB
Takeuchi Yuko Takeuchi Yuko

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang pada Senin (28/9/2020) mendesak warganya untuk mencari bantuan jika tak mampu mengatasinya, menyusul kematian seorang aktris populer akhir pekan lalu.

Kematian bintang Miss Sherlock Yuko Takeuchi (40) mengejutkan negara, setelah maraknya kasus bunuh diri di kalangan selebriti Jepang.

Bahkan, jumlah kasusnya mengalami peningkatan belakangan ini.

Baca juga: Aktris Jepang Takeuchi Yuko Meninggal Dunia Diduga Bunuh Diri

Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato tidak menyebutkan kasus tertentu, tetapi mencatat ada beberapa orang yang sulit mengatasi krisis virus corona.

"Ada peningkatan jumlah kasus bunuh diri sejak Juli. Kami harus mengakui fakta bahwa begitu banyak orang mengakhiri hidup mereka yang berharga," ujar Kato yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan sampai awal bulan ini, dikutip dari AFP.

Dia juga mendesak masyarakat untuk memanfaatkan hotline pencegahan bunuh diri dan layanan-layanan lainnya.

Baca juga: Dalam 5 Bulan, 5 Artis Jepang Akhiri Hidup dengan Bunuh Diri

Takeuchi memainkan peran utama dalam serial Hulu-HBO Asia 2018 Miss Sherlock, dan sempat ambil peran kecil di film horor klasik Jepang 1988 berjudul Ring.

Sebelumnya pada September, aktris populer Jepang lainnya Sei Ashina tewas karena bunuh diri juga, dan aktor Haruma Miura juga diduga menghabisi nyawanya sendiri pada Juli.

Bintang acara TV Hana Kimura (22) dari acara Netflix Terrace House, juga sepertinya bunuh diri pada Mei setelah pelecehan online, dan menjadi headline internasional.

Pada Agustus Jepang mencatatkan hampir 1.900 kasus bunuh diri, naik 15,3 persen dari tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X