Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Pendeteksi Virus Corona di Bandara Finlandia, Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 27/09/2020, 15:36 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Editor

HELSINKI, KOMPAS.com - Anjing pengendus dapat ditemui di bandara-bandara di berbagai belahan dunia. Mereka biasanya ditandemkan dengan pegawai perbatasan untuk mendeteksi zat-zat ilegal dan terlarang.

Kini, beberapa anjing menggunakan hidungnya untuk mengendus hal yang berbeda — virus corona.

Baca juga: Bandara Finlandia Pakai Anjing Pelacak Covid-19, Akurat Hampir 100 Persen

Anjing-anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi Covid-19 pekan ini mulai mengendus penumpang-penumpang dalam uji coba di bandara Helsinki-Vantaa, Finlandia.

Para sukarelawan melatih satu tim yang terdiri dari 15 anjing dan 10 pelatih untuk program riset mereka.

Anjing dapat mendeteksi virus corona dalam tubuh manusia lima hari sebelum mereka menunjukkan gejala, kata Anna Hielm-Bjorkman, pengajar di University of Helsinki yang menggelar uji coba tersebut, kepada kantor berita Reuters.

"Mereka sangat baik [dalam mendeteksi virus corona]. Kami hampir mendekati tingkat sensitivitas 100 persen," ujarnya.

Penumpang diminta menyeka lehernya dengan kain, yang lalu diletakkan ke dalam sebuah kaleng dan diendus anjing. Hasil tes virus corona dengan anjing ini dapat diketahui dalam waktu beberapa menit.

Meskipun uji coba ini telah menunjukkan hasil awal yang menjanjikan, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas tes virus corona melalui anjing.

Saat ini, penumpang yang ikut dalam uji coba juga diminta untuk mengikuti tes swab untuk mengonfirmasi hasil endusan anjing.

Wakil Wali Kota Vantaa, Timo Aronkyto, mengatakan mungkin saja di masa depan anjing-anjing dapat "berjalan di sekitar penumpang seperti halnya anjing-anjing di perbatasan."

Baca juga: Tak Peduli Virus Corona dan Menyebutnya Konspirasi, Seleb-seleb Belanda Banjir Kecaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com