Tak Percaya Trump, New York Akan Uji Sendiri Vaksin Corona

Kompas.com - 26/09/2020, 18:02 WIB
Gubernur New York Andrew Cuomo. Foto diambil pada 30 Maret 2020. Carlo Allegri/REUTERSGubernur New York Andrew Cuomo. Foto diambil pada 30 Maret 2020.

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Gubernur New York Andrew Cuomo pada Kamis (24/9/2020) mengatakan, negara bagian pimpinannya akan melakukan verifikasi sendiri atas vaksin virus corona yang disetujui pemerintah pusat.

Ia khawatir proses pengujian vaksin Covid-19 itu terlalu dipolitisasi.

"Terus terang, saya tidak akan memercayai yang dikatakan pemerintah federal," kata politisi Partai Demokrat itu kepada wartawan, dikutip dari AFP.

Baca juga: Petugas Polisi New York Didakwa Melakukan Spionase tentang Komunitas Tibet untuk Pemerintah China

Cuomo mengatakan, New York akan membentuk komite peninjau di bawah arahan Departemen Kesehatannya.

Gubernur menyuarakan kekhawatiran bahwa Trump awal pekan ini mengatakan, "mungkin atau mungkin tidak" mengesahkan aturan Food and Drug Administration (FDA) yang memperketat standar persetujuan vaksin.

"Kedengarannya seperti langkah politik," kata Trump tentang rencana FDA yang menurutnya dapat menunda rilis vaksin padahal sudah dia janjikan akan tersedia pada pemilu 3 November.

Baca juga: Penembakan Massal di Rochester, New York, 2 Orang Tewas, 14 Orang Terluka

Sementara itu para pakar kesehatan termasuk ahli penyakit menular terkemuka AS Anthony Fauci, memperkirakan vaksin dapat dibuktikan aman pada akhir 2020.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X