Video Viral Polisi Lindas Kepala Demonstran Saat Demo Breonna Taylor

Kompas.com - 25/09/2020, 19:16 WIB
Polisi dan pengunjuk rasa berkumpul selama demonstrasi, Rabu, 23 September 2020, di Louisville, Ky. Dewan juri telah mendakwa seorang petugas atas tuduhan kriminal enam bulan setelah Breonna Taylor ditembak mati oleh polisi di Kentucky. Juri mempresentasikan keputusannya terhadap petugas yang dipecat Brett Hankison Rabu kepada seorang hakim di Louisville, tempat penembakan itu terjadi. AP Photo/John MinchilloPolisi dan pengunjuk rasa berkumpul selama demonstrasi, Rabu, 23 September 2020, di Louisville, Ky. Dewan juri telah mendakwa seorang petugas atas tuduhan kriminal enam bulan setelah Breonna Taylor ditembak mati oleh polisi di Kentucky. Juri mempresentasikan keputusannya terhadap petugas yang dipecat Brett Hankison Rabu kepada seorang hakim di Louisville, tempat penembakan itu terjadi.

SEATTLE, KOMPAS.com - Seorang anggota Kepolisian Seattle (SPD) terekam melindas kepala demostran yang berhelm saat aksi protes kematian Breonna Taylor di Seattle, Washington, Amerika Serikat ( AS).

Dari video tersebut tampak sepasukan polisi bergerak maju. Di samping barisan polisi tersebut, ada sejumlah polisi yang mengendarai sepeda juga bergerak maju.

Salah satu polisi yang mengayuh sepeda tampak sengaja melindas salah satu demonstran berhelm yang sedang berbaring di jalanan.

Setelah itu, petugas kepolisian lain menyerang salah satu demosntran yang membawa tas di punggungnya.

Video tersebut menjadi viral dan tersebar luas di media sosial dengan sejumlah akun mengungah ulang insiden tersebut.

Baca juga: Petugas Polisi Ditembak Massa dalam Unjuk Rasa Kasus Pembunuhan Breonna Taylor

Dilansir dari New York Post, Kamis (24/9/2020), Kepolisian Seattle mengatakan pihaknya "mengetahui" video tersebut.

"Masalah ini akan dirujuk ke Kantor Akuntabilitas Polisi (OPA) untuk penyelidikan lebih lanjut," kata pihak kepolisian dalam pernyataan pers.

Kantor OPA Sheriff King County menyatakan sedang menyelidiki insiden tersebut untuk potensi pelanggaran kebijakan SPD.

Kepada Seattle Times, Kamis, Direktur OPA Andrew Myerberg menambahkan pihaknya juga menyelidiki potensi tindakan kriminal.

Baca juga: Massa Kecam Hukuman Setimpal untuk Polisi Penembak Mati Breonna Taylor, Wanita Kulit Hitam

Tidak jelas apakah pengunjuk rasa itu terluka atau telah didakwa, meskipun video di media sosial menunjukkan petugas tampaknya menangkapnya.

Insiden tersebut terjadi setelah polisi melaporkan beberapa petugasnya terluka.

Sebelumnya, salah satu polisi terekam diserang oleh massa dan dipukul di atas kepala dengan tongkat bisbol.

Breonna Taylor adalah seorang tenaga medis perempuan yang ditembak hingga delapan kali oleh polisi yang masuk ke apartemennya di Louisville, Kentucky, AS, pada 13 Maret lalu.

Baca juga: Siapa Breonna Taylor, Perempuan yang Disebut dalam Demo George Floyd?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X