Kompas.com - 23/09/2020, 20:46 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Logan, balita berusia 18 bulan dibawa ke rumah sakit karena kulitnya memerah dan mulai batuk setelah mengonsumsi cairan hand sanitizer yang diberikan neneknya.

Melansir Daily Mirror, cairan hand sanitizer itu terbungkus dalam kemasan bergambar kartun anak "Trolls World Tour" yang bentuknya mirip dengan puree (makanan/bubur bayi). 

Nenek Logan tidak sengaja menyuapi cucunya dengan cairan pembersih itu karena dia mengira kemasan itu berisi puree.

Orang tua Logan, Nikki Teixeira kemudian memperingatkan orang tua lainnya untuk tidak membeli hand sanitizer kemasan mirip makanan bayi itu, agar kasus serupa tidak terjadi.

Baca juga: Seorang Balita Ditemukan Tewas Setelah Terjebak di dalam Lift Sendirian

Ketika Logan makan beberapa suap, tubuh Logan mulai merespons cairan hand sanitizer yang dia telan dan neneknya mulai curiga dengan apa yang diberikannya kepada cucunya.

Ketika menyadari bahwa dia telah salah menyuapi cucunya, sang nenek pun menghubungi tetangga dan menelepon panggilan darurat 911.

Dalam waktu 5 menit, Logan sudah "tertidur" meski terbangun ketika paramedis tiba dan membawanya ke rumah sakit.

"Tolong JANGAN beli kantong pembersih tangan lucu dari Wal-Mart ini yang bisa dengan mudah disalahartikan sebagai kantong makanan," tulis Nikki di Facebook.

Baca juga: Bolehkah Pakai Hand Sanitizer untuk Bersihkan Tangan Anak?

"Saya ingin memperingatkan orang lain tentang kemasan yang menyesatkan ini. Pada akhirnya, saya ingin mereka benar-benar keluar dari rak (toko)."

Paket itu berisi peringatan dengan tulisan kecil, berbunyi "Jangan dimakan".

Smart Care, perusahaan produk tersebut, telah mengeluarkan barang tersebut dari toko, demikian lapor ABC News.

"Karena keselamatan adalah prioritas nomor 1, kami telah mengganti kemasan ini untuk menghilangkan kesalahpahaman atau kekhawatiran," kata Juru bicara perusahaan tersebut kepada outlet berita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.