Anwar Ibrahim Klaim Kantongi Suara Mayoritas yang Kuat dan Meyakinkan

Kompas.com - 23/09/2020, 13:10 WIB
Anwar Ibrahim. AFP / MANAN VATSYAYANAAnwar Ibrahim.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia (PKR), Anwar Ibrahim, mengumumkan bahwa ia mengantongi suara mayoritas yang kuat, tangguh, dan meyakinkan untuk membentuk pemerintahan berikutnya.

Pengumuman tersebut disampaikannya dalam konferensi pers, Rabu (23/9/2020), yang juga disiarkan langsung melalui Facebook.

Dilansir dari Mothership, Anwar juga telah menulis surat kepada Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agong Abdullah, untuk meminta audiensi.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Anwar mengklaim memiliki suara mayoritas di parlemen untuk menjadi Perdana Menteri baru Malaysia.

Baca juga: Klaim Mayoritas Parlemen, Anwar Ibrahim: Pemerintahan Muhyiddin Telah Jatuh

“Pemerintahan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin telah jatuh” tegas Anwar.

Menanggapi pertanyaan hadirin, Anwar menyatakan bahwa ini bukanlah pemerintahan “pintu belakang”.

Dia juga menolak untuk mengungkapkan jumlah anggota Parlemen yang mendukungnya.

Dia menambahkan bahwa Raja Malaysia harus menjadi yang pertama tahu dan dia akan mengungkapkannya setelah bertemu dengan Yang Dipertuan Agong.

Baca juga: Gulingkan Muhyiddin, Anwar Ibrahim akan Jadi Perdana Menteri Baru Malaysia?

Anwar mengatakan akan memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19, masalah ekonomi, dan ketimpangan ekonomi.

Dia mengatakan bahwa istrinya, Wan Azizah, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri di pemerintahan Pakatan Harapan, tidak akan menjalankan peran yang sama di pemerintahan berikutnya.

Anwar menambahkan dia tidak memiliki masalah pribadi dengan Perdana Menteri Malaysia saat ini, Muhyiddin Yassin.

Diperlukan minimal 112 kursi untuk membentuk pemerintahan di Malaysia. Koalisi berkuasa Perikatan Nasional pimpinan Muhyiddin memiliki mayoritas sangat tipis 113 kursi.

Baca juga: Anwar Ibrahim Gagal Batalkan Upaya Gugatan Menentang Pengampunan dari Raja Malaysia

Anwar saat ini memimpin koalisi Pakatan Harapan yang terdiri dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinannya, Partai Aksi Demokratik (DAP) dan Partai Amanah dengan total 91 kursi.

Sementara itu, Muhyiddin dijadwalkan akan menyampaikan pidato khusus pada Rabu pukul 14.30 waktu setempat.


Sumber Mothership
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X