Navalny: Ada Racun Novichok di Dalam dan Luar Tubuhku

Kompas.com - 22/09/2020, 10:44 WIB
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny bersama istrinya, Yulia, di rumah sakit Berlin, Jerman, pada 21 September 2020. INSTAGRAM @navalny via APPemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny bersama istrinya, Yulia, di rumah sakit Berlin, Jerman, pada 21 September 2020.

BERLIN, KOMPAS.com - Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny pada Senin (21/9/2020) mengatakan, laboratorium Barat telah menemukan jejak racun saraf Novichok di dalam dan luar tubuhnya, juga menuntut Moskwa mengembalikan pakaiannya.

Navalny yang sedang memulihkan diri di klinik Charite Berlin, jatuh sakit parah dalam penerbangan dari Siberia ke Moskwa pada 20 Agustus.

Ia sempat menjalani 2 hari perawatan di rumah sakit Rusia sebelum diterbangkan ke Jerman.

Baca juga: Mengaku Pencipta Racun Novichok, Ilmuwan Ini Minta Maaf ke Navalny

"Dua laboratorium independen di Perancis dan Swedia dan laboratorium khusus Bundeswehr mengonfirmasi keberadaan Novichok di dalam dan luar tubuhku," katanya di unggahan blog pertamanya sejak siuman dari koma.

Dia pun mencatat Rusia masih belum membuka penyelidikan, dan acara talkshow di Rusia menyebut para intel Barat atau sekutunya sendiri yang melakukan serangan itu.

"Tidak ada yang bisa diharapkan lagi," tulisnya.

Baca juga: Kritikus Kremlin, Navalny Unggah Foto Turun Tangga di Instagram Setelah Sadar dari Koma

Navalny juga menuntut pihak berwenang Rusia mengembalikan pakaiannya yang dilepas sebelum dia diterbangkan ke Jerman dengan "telanjang bulat". Ia berkata, pakaian itu adalah bukti penting.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X