Penjualan TikTok Ada 2 Versi, AS dan China Beda Suara

Kompas.com - 22/09/2020, 10:16 WIB
Ilustrasi logo TikTok The VergeIlustrasi logo TikTok

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penjualan operasional TikTok ke Amerika Serikat makin rumit, setelah muncul 2 versi tentang struktur kepemilikan dan keterlibatan China.

Akhir pekan lalu telah diumumkan Oracle dan Walmart bakal mengakuisisi sebagian saham TikTok dan menjadikan mereka mitra komersial.

Akan tetapi Amerika Serikat ( AS) dan China memiliki versi masing-masing soal penjualan aplikasi berbagi video tersebut.

Dilansir dari AFP Senin (21/9/2020), berikut adalah pokok persoalannya.

Baca juga: Trump Berjanji Bakal Halangi TikTok Kembali Dikuasai China

1. Kepemilikan

Menurut para petinggi AS, pembelian TikTok akan membentuk entitas baru bernama TikTok Global, dengan Oracle mengelola keamanan data melalui cloud server-nya.

Walmart dan Oracle akan memegang 20 persen TikTok Global jelang penawaran saham, dan orang Amerika akan menduduki 4 dari 5 kursi dewan.

Presiden AS Donald Trump mengatakan, dia tidak akan merestui kesepakatan yang membuat TikTok tetap dimiliki atau dikendalikan China.

Oracle berkata, saat saham TikTok disitribusikan "orang Amerika akan menjadi mayoritas dan ByteDance tidak akan memiliki kepemilikan di TikTok Global".

Akan tetapi ByteDance selaku perusahaan induk TikTok membantahnya. Mereka menyebut itu "rumor palsu" dan akan mempertahankan 80 persen saham perusahaan baru tersebut.

Baca juga: Sebelum dapat Restu Trump, TikTok telah Adukan Trump ke Pengadilan Federal Washington

2. Keamanan data

Trump yang berulang kali menuduh TikTok dapat mengancam keamanan nasional dan digunakan sebagai mata-mata, mengatakan data akan dikendalikan AS.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X