Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Diduga Pengirim Surat Beracun untuk Trump Diamankan Polisi

Kompas.com - 21/09/2020, 09:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang wanita dicurigai menjadi pelaku pengiriman surat beracun risin yang ditujukan kepada Presiden Donald Trump.

Seorang pejabat penegak hukum AS mengatakan wanita itu ditangkap ketika mencoba masuk AS dari Kanada di sebuah perlintasan perbatasan di negara bagian New York.

Melansir CNN pada Senin (21/9/2020), wanita itu membawa pistol dan ditangkap oleh otoritas AS, menurut petugas penegak hukum.

Jaksa penuntut AS di Washington DC, diharapkan mengajukan dakwaan terhadapnya.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa penegak hukum telah menggagalkan pengiriman paket racun risin yang ditujukan ke Trump pekan lalu, menurut 2 pejabat penegak hukum.

Baca juga: Paket Beracun Dialamatkan untuk Trump, Apa yang Terjadi jika Menghirupnya?

Saat ini, penyelidik sedang mencari kemungkinan bahwa paket racun itu berasal dari Kanada.

Seseorang yang mengetahui penyelidikan tersebut mengatakan kepada Josh Campbell dari CNN bahwa surat itu dikirim dari St. Hubert, Quebec, dan berisi zat granular dengan karakteristik fisik yang mirip dengan biji jarak.

Dua tes telah dilakukan untuk memastikan keberadaan racun risin tersebut.

Semua surat untuk Gedung Putih disortir dan dipilah di fasilitas luar lokasi sebelum mencapai Gedung Putih.

Baca juga: Amplop Beracun yang Ditujukan kepada Trump Disita Keamanan Gedung Putih

Seorang juru bicara Royal Canadian Mounted Police (RCMP), yang mengkonfirmasi pada Sabtu (19/9/2020) bahwa mereka sedang bekerja dengan FBI untuk menyelidiki masalah pengiriman racun risin ke Gedung Putih.

Namun, pihaknya mengatakan kepada CNN Sunday bahwa "RCMP masih belum dalam posisi untuk dapat mengeluarkan pernyataan, atau untuk mengkonfirmasi / menyangkal laporan apapun tentang penangkapan."

Seorang juru bicara dari Kantor Lapangan FBI Washington mengkonfirmasi pada Minggu malam (20/9/2020), bahwa penangkapan telah dilakukan dan penyelidikan tetap berlangsung.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada CNN pada Sabtu, kantor lapangan FBI di Washington mengatakan bahwa "FBI dan mitra Dinas Rahasia AS dan Layanan Inspeksi Pos AS sedang menyelidiki surat mencurigakan yang diterima di fasilitas surat pemerintah AS."

Baca juga: Ajudan Navalny Temukan Jejak Racun Novichok di Botol dari Hotel

Sementara, kantor lapangan FBI di Washington menyebutkan bahwa, "Saat ini, tidak ada ancaman yang diketahui terhadap keselamatan publik."

Pihak berwenang sedang menyelidiki paket tambahan serupa yang dikirimkan ke alamat di Texas yang mungkin terhubung ke pengirim yang sama di Kanada, CNN sebelumnya melaporkan, menurut pejabat penegak hukum AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com