Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Infeksi Covid-19 Meningkat, London Bersiap Lockdown Lagi

Kompas.com - 20/09/2020, 18:31 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Wali Kota London, Sadiq Khan memperingatkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bahwa kota London harus segera memberlakukan aturan batasan ketat mulai Senin besok untuk menghindari peningkatan kasus infeksi virus corona.

Khan dilaporkan akan menerapkan aturan batasan ketat termasuk pengadaan jam malam di kelab malam untuk menghentikan penularan infeksi penyakit virus corona.

Dia bahkan berjaga-jaga apabila warga London kembali harus bekerja dari rumah jika memang itu lebih memungkinkan.

Baca juga: The Bunker, Cara Difabel Inggris Berdamai dengan Pandemi Corona

Langkah seperti itu akan sangat kontras dengan pemerintah pusat yang hingga saat ini mempersilakan warga untuk kembali bekerja di kantor menyusul pelonggaran batasan.

Seorang sumber kantor wali kota mengatakan bahwa kini mereka hendak memperkenalkan langkah-langkah baru yang akan memperlambat penyebaran virus corona.

Rencana itu dikemukakan setelah Inggris mencatat lonjakan kasus infeksi virus corona pada Sabtu kemarin sebanyak 4.442 kasus infeksi baru dan PM Johnson memperingatkan adanya gelombang kedua virus tersebut.

Baca juga: Inggris Buat Aturan Permanen Aborsi dari Rumah Sejak Sukses Dilakukan Selama Lockdown

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock pada hari ini, Minggu (20/9/2020) mengatakan bahwa lockdown nasional adalah satu-satunya langkah yang paling mungkin dilakukan untuk menahan penyebaran infeksi virus corona.

"Jika setiap orang mengikuti aturan, kita tidak akan mengalami lockdown nasional, tapi kita tentu harus bersiap melakuan apa yang dibutuhkan," ujar Hancock seperti dilansir Reuters dari BBC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com