Kena Sanksi Lagi dari AS, Iran Minta Bantuan Dunia

Kompas.com - 20/09/2020, 16:40 WIB
Ilustrasi Iran, bendera Iran ShutterstockIlustrasi Iran, bendera Iran

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran pada Minggu (20/9/2020) meminta seluruh dunia bersatu melawan Amerika Serikat ( AS), setelah Washington secara sepihak menyatakan sanksi PBB terhadap negara republik Islam itu berlaku lagi.

"Kami berharap masyarakat internasional dan semua negara di dunia melawan tindakan sembrono oleh rezim di Gedung Putih, dan berbicara dengan satu suara," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh pada konferensi pers di Teheran.

Diberitakan AFP, Washington akan "memberlakukan konsekuensi" pada negara mana pun yang tidak mematuhi sanksi, meski AS adalah satu-satunya yang merasa sanksi itu harus berlaku.

Baca juga: Dituduh Mencuri, Jari Tangan Remaja di Iran Ini Bakal Dipotong

"Seluruh dunia mengatakan tidak ada yang berubah," ujar Khatibzadeh, menambahkan bahwa sanksi hanya hanya diberlakukan di "dunia imajiner" buatan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Ini tidak berarti apa-apa, dan saya yakin ini adalah hari dan jam paling pahit bagi Amerika Serikat," tambahnya.

Khatibzadeh juga menyebut Washington "terisolasi" dan "di sisi sejarah yang salah."

Baca juga: AS Bersumpah Cegah Iran Beli Senjata dari China dan Rusia

Ia pun berkata, pesan Teheran ke Washington adalah "kembalilah ke masyarakat internasional, pada komitmen Anda, berhenti memberontak, dan dunia akan menerima Anda."

Menurut Pompeo, sanksi PBB berlaku mulai hari ini.

Langkah ini ditempuh menurut mekanisme "snapback" yang kontroversial, yang diklaim AS mengizinkan salah satu mitra perjanjian nuklir 2015 memberlakukan kembali sanksi PBB jika Teheran melanggar kewajibannya.

Baca juga: Trump Akan Aktifkan Lagi Sanksi PBB ke Iran dengan Snapback, Apa Itu?


Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X