Pembicaraan Damai Masih Berlangsung, Markas Taliban Digempur Serangan Udara

Kompas.com - 20/09/2020, 08:36 WIB
Ilustrasi Serangan Udara oleh Jet Tempur. ThinkstockIlustrasi Serangan Udara oleh Jet Tempur.

KUNDUZ, KOMPAS.com – Markas Taliban di timur laut Afghanistan dibombardir oleh dua serangan udara di tengah pembicaraan damai.

Serangan kembar angkatan udara Afghanistan di Kunduz, Afghanistan, tersebut menewaskan sedikitnya 12 warga sipil dan menimbulkan 10 korban luka-luka.

Dilansir dari Sky News, Sabtu (19/9/2020), serangan itu terjadi ketika Pemerintah Afghanistan dan Taliban mengadakan pembicaraan untuk menyelesaikan perdamaian.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan bahwa lebih dari 40 milisi Taliban juga tewas dalam serangan itu.

Baca juga: Taliban Mau Gencatan Senjata kalau Anggotanya Dibebaskan

Di sisi lain, Taliban tidak mengonfirmasi apakah ada korban di antara para milisinya.

Seorang anggota parlemen yang mewakili Kunduz, Fatima Aziz, mengatakan serangan yang pertama menghantam markas Taliban.

“Tetapi (serangan) yang kedua menyebabkan korban sipil saat mereka berkumpul di lokasi yang dibom," kata Fatima Aziz.

Awal tahun ini, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan bahwa tentara Afghanistan berada di balik pembunuhan sedikitnya 23 warga sipil, termasuk anak-anak.

Baca juga: Perundingan Damai BersejarahAfghanistan-Taliban Dimulai

Ketika itu mereka melakukan serangan dengan mortir ke markas Taliban. Namun mereka meleset dari target dan malah menyerang pasar hewan ternak.

Pemerintah Afghanistan dan Taliban saat ini tengah mengadakan pembicaraan damai di Doha, Qatar, tempat Taliban mempertahankan kantor politiknya.

Pembicaraan tersebut bertujuan untuk mengakhiri kecamuk perang yang berlangsung selama puluhan tahun antara Taliban dengan Pemerintah Afghanistan.

Baca juga: Setelah 2 Dekade Berperang, Tercapaikah Pembicaraan Damai Taliban dengan Pemerintah Afghanistan?

Halaman:

Sumber Sky News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X