Trump Tak Keberatan jika Jual Jet Tempur F-35 ke Uni Emirat Arab

Kompas.com - 16/09/2020, 06:15 WIB
Pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin Corp. wikia.comPesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin Corp.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyatakan, dia "tidak berkeberatan" menjual jet tempur canggih F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA).

Pernyataan itu dia sampaikan dalam wawancara dengan Fox News, meskipun langkah itu bisa menuai keberatan dari sekutunya, Israel.

Baca juga: China Diduga Uji Coba Jet Tempur FC-31, Disebut Mirip F-35 AS

"secara pribadi, saya tidak keberatan. Saya tidak masalah jika harus menjual F-35 kepada mereka (Uni Emirat Arab)," kata Trump.

Dia menyatakannya jelang penandatanganan pemulihan relasi diplomatik antara Israel, UEA, dengan Bahrain yang bertempat di Gedung Putih.

Selama ini, Abu Dhabi sudah mengincar jet tempur siluman generasi kelima itu untuk membuat mereka makin diperhitungkan di Timur Tengah.

Sementara Tel Aviv, satu-satunya negara Timur Tengah yang punya pesawat tempur itu, menentang keunggulan luar biasa mereka dari tetangga Arabnya.

Pakar menyatakan, UEA kemungkinan menjadikan F-35 sebagai alat negosiasi utama sebelum membubuhkan tanda tangan di atas kertas pemulihan hubungan diplomatik.

Penasihat senior sekaligus menantu Trump, Jared Kushner, menuturkan mertuanya itu "paham keamanan Israel lebih dari para pendahulunya".

Namun seperti dilansir AFP Selasa (15/9/2020), dia menuturkan bahwa Uni Emirat Arab juga merupakan salah satu sekutu penting Washington.

"Mereka mempunyai ancaman langsung melalui Iran di perbatasan. Jadi saya pikir banyak peluang bisa didapatkan," paparnya.

Baca juga: AS Borong 8 Jet Tempur F-35, padahal Awalnya Dipesan Turki


Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X