Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Fiumicino Roma Adalah Bandara Bintang 5 untuk Urusan Covid-19

Kompas.com - 15/09/2020, 17:39 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

ROMA, KOMPAS.com - Bandara Fiumicino Roma menjadi bandara pertama di dunia yang memperoleh "Peringkat Bandara Bintang 5 Covid-19" dari Skytrax, badan pemeringkat industri bandara internasional.

Skytrax terkenal karena peringkat tahunannya terhadap bandara terbaik dunia, tapi saat krisis Covid-19 global mendorong organisasi tersebut membuat peringkat kebersihan bandara.

Menurut rilis dari Skytrax yang dilansir dari CNN pada Selasa (15/9/2020), organisasi tersebut mendasarkan peringkatnya pada "kombinasi pemeriksaan efisiensi prosedural, analisis observasi visual, dan tes pengambilan sampel ATP".

Baca juga: Kampanye Trump Didenda Rp 44,5 Juta karena Langgar Protokol Virus Corona

Bandara Fiumicino (FCO), juga dikenal sebagai Bandara Internasional Leonardo Da Vinci, adalah bandara tersibuk di Italia.

Pada 1 September, bandara tersebut membuka pusat pengujian Covid-19 seluas 7.000 kaki persegi (650,3 meter persegi), yang dikelola bersama dengan Palang Merah Italia.

Pengujian Covid-19 tidak hanya terorganisir, tapi juga ada beberapa kelebihan yang dicatat Skytrax dalam ulasannya tentang FCO.

Baca juga: Diminta Membayar Vaksin Corona Sebelum Diproduksi, Duterte: Anda Gila

Bandara ini mencetak poin karena memiliki papan nama yang mudah dibaca dalam berbagai bahasa, aturan ketat penggunaan masker, staf kebersihan yang bekerja, dan efisiensi berkat konsolidasi semua penerbangan masuk dan keluar ke satu terminal untuk memudahkan pelacakan.

Sejauh ini, Skytrax yang berkantor pusat di Inggris Raya hanya dapat memantau bandara Eropa.

Baca juga: Setelah Virus Corona, Bagaimana Dunia Bersiap Hadapi Pandemi Selanjutnya?

Selain peringkat bintang 5 FCO, 3 bandara lain telah dianugerahi 3 bintang untuk sikap tanggap terhadap Covid-19, yaitu Bandara Málaga-Costa del Sol (AGP) di Spanyol, Bandara Nice Côte d'Azur (NCE) di Perancis, dan London's Heathrow ( LHR).

Menurut sistem peringkat Skytrax, 5 bintang menunjukkan "standar yang sangat tinggi untuk prosedur kebersihan dan pemeliharaan bandara", sedangkan empat bintang adalah "baik" dan tiga "rata-rata".

Baca juga: Vaksin Corona dari China Kemungkinan Siap pada November

Sementara untuk 2 bintang, merupakan peringkat paling rendah, yang artinya bahwa protokol anti-Covid-19 bandara "perlu diperbaiki."

Selanjutnya, Skytrax berencana untuk menilai bandara di Amerika Utara, Timur Tengah, dan Asia pada musim gugur 2020, karena lebih banyak perbatasan nasional mulai dibuka.

Baca juga: Tidak Semua Orang di China Akan Dapat Vaksin Corona, Ini Sebabnya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com