Bahrain Damai dengan Israel, Iran: Memalukan

Kompas.com - 12/09/2020, 17:24 WIB
Ilustrasi Iran, bendera Iran ShutterstockIlustrasi Iran, bendera Iran

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran menyatakan bahwa langkah Bahrain untuk berdamai dengan Israel berarti akan terlibat dalam kebijakan negara tersebut yang mengancam keamanan regional.

Hal itu disampaikan oleh Pemerintah Iran melalui siaran televisi pemerintah pada Sabtu (12/9/2020) sebagaimana dilansir dari Reuters.

Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump mengumumkan kesepakatan normalisasi hubungan diplomatik antara Israel dan Bahrain dalam momen peringatan 11 September 2001 atau 9/11.

Kedua negara dilaporkan bakal menandatangani perjanjian itu dalam upacara yang berlangsung Gedung Putih pada 15 September nanti sebagaimana dilansir dari AFP.

Baca juga: Trump Umumkan Pemulihan Relasi Israel dan Bahrain di Momen 9/11

Bahrain menjadi negara kedua di kawasan teluk Arab yang menjalin pemulihan hubungan diplomatik dengan Israel setelah Uni Emirat Arab (UEA).

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan akan meminta pertanggungjawaban pemerintah Bahrain dan sekutunya atas ketidakamanan yang disebabkan oleh Israel di kawasan Teluk Arab.

Sementara itu Palestina khawatir langkah Bahrain dan UEA akan melemahkan posisi pan-Arab lama yang menyerukan penarikan Israel dari wilayah yang diduduki.

Baca juga: UEA dan Bahrain Damai dengan Israel, Akankah Disusul 4 Negara Ini?

UEA setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel sebulan yang lalu di bawah kesepakatan yang ditengahi AS.

Kedua negara akan secara resmi menandatangani kesepakatan pada Selasa (15/9/2020) pekan depan dalam sebuah upacara yang diselenggarakan oleh Trump.

Halaman:

Sumber AFP,Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X