Sakit Kulit Langka, Gadis Ini Harus Pakai Helm Astronot Tiap Keluar Rumah

Kompas.com - 11/09/2020, 20:15 WIB
Fatima Ghazaoui, gadis asal Maroko yang mengidap kelainan genetik langka Xeroderma pigmentosum, harus memakai helm astronot tiap keluar rumah di siang hari. DOK FATIMA GHAZAOUI via DAILY MAILFatima Ghazaoui, gadis asal Maroko yang mengidap kelainan genetik langka Xeroderma pigmentosum, harus memakai helm astronot tiap keluar rumah di siang hari.

MOHAMMEDIA, KOMPAS.com - Seorang gadis dengan kondisi genetik langka harus memakai "helm astronot" untuk melindungi kulit wajahnya dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Dia harus memakai helm itu tiap pergi ke mana pun di siang hari selama 2 dekade terakhir.

Sejak usia 2 tahun Fatima Ghazaoui (28) gadis asal Mohammedia, Maroko, didiagnosis menderita kondisi kulit langka Xeroderma pigmentosum, setelah orangtuanya melihat bintik-bintik yang semakin banyak di kulitnya.

Baca juga: Viral Bocah 10 Tahun Bertubuh Kekar, Banyak Didekati Pesohor Namun Menolaknya

Kondisi genetik ini membuat kulitnya tak bisa memulihkan diri setelah terpapar radiasi UV, baik dari sinar matahari ataupun sinar buatan.

Selama 20 tahun Fatima tak pernah sekali pun keluar rumah tanpa helm astronotnya yang ia sebut "topeng NASA", termasuk sarung tangan. Ia juga kerap memulai aktivitasnya di malam hari.

"Aku jarang keluar di siang hari kecuali jika harus," kata Fatima dikutip dari Daily Mail Kamis (27/8/2020).

Jika terpapar sinar matahari kulitnya akan jadi kemerahan, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit yang harus dioperasi.

Fatima juga harus memakai krim tabir surya SPF 90 yang harus dioleskan ulang setiap jam, untuk memastikan dia terlindung dari sinar UV dan memiliki filter UV khusus di jendela rumahnya.

Baca juga: Foto Viral Anjing Dicat Mirip Harimau di Malaysia, Netizen: Wajahnya Sedih

Akibat kondisinya ini Fatima harus putus sekolah di usia 13 tahun, karena dianggap terlalu berbahaya baginya jika terkena sengatan sinar matahari saat sekolah.

"Aku harus putus sekolah dan harus belajar dari rumah yang membuat masa kecilku serasa dirampas."

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X