Anjing Laut Dijuluki "The Ugly Duckling" Ditemukan di Rusia

Kompas.com - 11/09/2020, 19:26 WIB
Ahli biologi Vladimir Burkanov mengatakan bahwa sejauh ini anjing laut berbulu di Pulau Tyuleny - yang dijuluki The Ugly Duckling - belum sepenuhnya terbuang, namun ada tanda-tanda anjing tersebut sedikit dijauhi. Vladimir Burkanov via Daily Mail Ahli biologi Vladimir Burkanov mengatakan bahwa sejauh ini anjing laut berbulu di Pulau Tyuleny - yang dijuluki The Ugly Duckling - belum sepenuhnya terbuang, namun ada tanda-tanda anjing tersebut sedikit dijauhi.

MOSKWA, KOMPAS.com - Seekor anjing laut albino yang sangat langka terlihat di Laut Okhotsk di Rusia, dengan warna bulu jahe, mata biru, dan sirip merah jambu, membuatnya menonjol di antara koloninya.

Menurut laporan Daily Mail pada Rabu (9/9/2020), para ahli mengatakan kemungkinan kelahiran albino parsial seperti itu adalah satu dari 100.000 dan ada risiko penolakan oleh koloninya.

Baca juga: Pertama dalam 15 Tahun, Bayi Orang Utan Ini Lahir di Kebun Binatang Hagenbeck

Ahli biologi Vladimir Burkanov mengatakan bahwa sejauh ini, anjing laut berbulu jahe di Pulau Tyuleny, yang dijuluki The Ugly Duckling itu, belum menjadi hewan buangan total.

Namun, ada tanda-tanda The Ugly Duckling tersebut sedikit dijauhi oleh koloninya.

Anak anjing berwarna jahe itu terlihat cukup makan dan sangat aktif, jadi ibunya jelas memberinya banyak susu, katanya.

Baca juga: Netizen China Klaim Panda Raksasa yang Ada di Kebun Binatang Washington Tidak Dirawat dengan Baik

"Anjing laut lain tidak terlalu memperhatikannya dengan cara yang agak mengkhawatirkan, jadi ada sesuatu yang tidak beres dengannya," ujar Burkanov.

"Tapi, dia tidak dikejar atau digigit," imbuhnya.

Anjing laut tersebut diyakini memiliki penglihatan yang buruk dan Burkanov ragu anjing laut tersebut akan berhasil berkembang biak.

Baca juga: Pemuda Afrika Ini Diculik dan Dipamerkan di Kebun Binatang New York Lebih dari Seabad Lalu

Jika ditolak oleh koloninya, spesialis satwa liar siap menyelamatkan mamalia dan menyerahkannya ke Riviera Dolphinarium, Sochi.

Anjing laut jantan yang tampak serupa diketahui telah dewasa di peternakan Severo-Zapadnoe di Pulau Bering, dan sekarang berusia 5-6 tahun.

"Dia tidak berpartisipasi dalam musim reproduksi ini," kata ahli biologi itu.

Baca juga: Kebun Binatang London Datangkan Babi Paling Jelek di Dunia dari Indonesia

"Mungkin, ini adalah kasus terdokumentasi pertama tentang kelangsungan hidup anjing laut dengan warna bulu abnormal yang hidup hingga dewasa," ujarnya.

Pada 2011, anjing laut berbulu jahe bernama Nafanya yang juga berasal dari Pulau Tyuleny, tempat berkembang biaknya, mengalami kondisi yang harus diselamatkan dan diterbangkan ke Riviera Dolphinarium, Sochi di Laut Hitam.

Baca juga: Dianiaya 35 Tahun di Kebun Binatang Pakistan, Gajah Kaavan Akhirnya Punya Rumah Baru


Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X