Eks PM Italia Silvio Berlusconi Membaik Usai Positif Virus Corona

Kompas.com - 08/09/2020, 11:20 WIB
Eks PM Italia Silvio Berlusconi yang merupakan Presiden Partai Forza Italia, berpidato di kongres European Peoples Party (EPP) di Zagreb, Kroasia, 21 November 2019. AP PHOTO/DARKO VOJINOVICEks PM Italia Silvio Berlusconi yang merupakan Presiden Partai Forza Italia, berpidato di kongres European Peoples Party (EPP) di Zagreb, Kroasia, 21 November 2019.

MILAN, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi yang positif virus corona, "menunjukkan respons kekebalan yang kuat" dan tampak membaik setelah dirawat di rumah sakit sejak pekan lalu.

Keterangan itu disampaikan dokternya pada Senin (7/9/2020) sebagaimana diwartakan AFP.

Taipan media berusia 83 tahun itu dirawat karena infeksi paru-paru, di rumah sakit San Raffaele Milan sejak Kamis malam (3/9/2020).

Baca juga: Positif Virus Corona, Eks PM Italia Silvio Berlusconi Kini Rapuh

"Gambaran klinis secara keseluruhan tampaknya membaik dan konsisten... dengan kembalinya respons imun spesifik yang kuat," kata dokternya, Alberto Zangrillo dikutip dari AFP.

Eks Presiden AC Milan itu dinyatakan positif Covid-19 pekan lalu setelah kembali dari liburan mewahnya di vila Sardinia, Italia.

Kedua anaknya yakni Barbara (36) dan Luigi (31) juga tertular Covid-19, begitu pun dengan pacar baru Berlusconi yaitu Marta Fascina.

Baca juga: Masuk RS Usai Positif Corona, Begini Kondisi Silvio Berlusconi Sekarang

Setelah pemeriksaan pada Kamis malam di rumah sang miliarder, Zangrillo mendesak Berlusconi segera ke rumah sakit saat itu juga.

Pada Jumat (4/9/2020) dokter mengatakan, presiden partai Forza Italia itu adalah "pasien yang berisiko karena usia dan penyakit-penyakit sebelumnya", termasuk bedah jantung terbuka.

Zangrillo juga mengatakan, Berlusconi memiliki infeksi paru-paru yang telah didiagnosis lebih awal tetapi tidak menggunakan ventilator.

Baca juga: Positif Corona, Eks PM Italia Silvio Berlusconi Masuk Rumah Sakit

Pada Rabu (2/9/2020) politisi yang memiliki panggilan "Papi" karena hubungan gelapnya dengan gadis-gadis di bawah umur ini, bersikeras akan melanjutkan agenda politiknya meski terinfeksi virus bernama resmi SARS-CoV-2 ini.

Pemilihan daerah di "Negeri Pizza" akan berlangsung dua minggu lagi, bersama referendum untuk mengurangi jumlah anggota parlemen Italia.

Baca juga: Eks PM Italia, Silvio Berlusconi Terjangkit Virus Corona


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X