Kecam Batalnya Hukuman Mati Pelaku, Tunangan Jamal Khashoggi Murka

Kompas.com - 08/09/2020, 07:04 WIB
Hatice Cengiz, tunangan jurnalis Jamal Khashoggi saat menghadiri konferensi pers di Brussels, Belgia, 3 Desember 2019. REUTERS/FRANCOIS LENOIRHatice Cengiz, tunangan jurnalis Jamal Khashoggi saat menghadiri konferensi pers di Brussels, Belgia, 3 Desember 2019.

ISTANBUL, KOMPAS.com - Tunangan jurnalis Jamal Khashoggi pada Senin (7/9/2020), menyebut keputusan pengadilan Arab Saudi yang membatalkan lima hukuman mati bagi pelaku pembunuhan mantan calon suaminya sebagai lelucon.

Dalam putusan terakhirnya, pengadilan "Negeri Petrodollar" menjatuhkan vonis hukuman penjara 7-20 tahun kepada 8 terdakwa pembunuhan itu.

"Lima dari terpidana dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan tiga lainnya dipenjara 7-10 tahun," kata media pemerintah Saudi Press Agency (SPA) mengutip juru bicara jaksa penuntut umum.

Baca juga: Batal Dihukum Mati, 5 Pembunuh Jamal Khashoggi Dipenjara 20 Tahun

"Putusan yang dijatuhkan hari ini di Arab Saudi sekali lagi adalah ejekan terhadap keadilan," tulis Hatice Cengiz di Twitter.

"Komunitas internasional tidak akan menerima lelucon ini," lanjut wanita asal Turki itu.

Diberitakan AFP, keputusan pengadilan Arab Saudi dijatuhkan setelah putra Khashoggi pada Mei mengumumkan, keluarga telah "mengampuni" para pembunuh.

Ampunan itu membuka jalan bagi hukuman yang lebih ringan, dalam kasus yang menodari citra Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) ini.

Tak satu pun dari terdakwa yang disebut namanya dalam putusan final pengadilan itu.

Baca juga: Putra dari Jurnalis Jamal Khashoggi Maafkan Para Pembunuh Ayahnya

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X