Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral karena Bawa Anaknya yang Mati Selama 17 Hari, Paus Pembunuh Ini Melahirkan Lagi

Kompas.com - 07/09/2020, 18:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seekor paus pembunuh yang viral karena fotonya membawa anaknya yang sudah mati selama 17 hari dilaporkan kembali melahirkan.

Berdasarkan laporan Centre for Whale Research in Washington, hewan bernama Tahlequah itu terlihat bersama bayinya di timur Selat Juan de Fuca, perairan AS.

"Hore! Bayinya nampak sehat dan dewasa sebelum waktunya. Berenang penuh semangat di samping induknya di hari kedua berenang dengan bebas," ujar organisasi di situs resminya.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Riptide Si Paus Pembunuh yang Berenang Sejauh 8.000 Km

Peneliti menerangkan, bayi Tahlequah diyakini lahir pada Jumat (4/9/2020), yang ditandai oleh sirip di punggung yang mulai tegak.

Sirip itu dilaporkan butuh setidaknya satu atau dua hari untuk ditegakkan setelah membengkok karena berada dalam rahim induknya.

Tahlequah sendiri menjadi perhatian setelah pada musim panas 2018, setelah dia menggelar "tur berkabung" selama 17 hari.

Dilansir Sky News Minggu (6/9/2020), dia membawa anaknya yang mati menempuh jarak hingga 1.600 km dan menuai perhatian dunia.

Paus pembunuh itu dilaporkan hamil lagi pada Februari tahun lalu, dengan pada Jumat pengamat menyatakan mereka melihat bayinya.

Ketika para peneliti menindaklanjuti laporan tersebut, mereka menerangkan bahwa keduanya terlihat saat melintasi perbatasan di Kanada.

Tahlequah disebut terpisah dari kawanannya dan merupakan "sosok yang tidak ingin didekati", sehingga ilmuwan hanya melihatnya selama beberapa menit.

"Kami berharap bayinya ini menjadi kisah kesuksesannya," kata pusat penelitian paus itu, yang menyatakan saat ini kematian pada bayi paus mencapai 40 persen.

Kemudian terdapat persentase besar dalam hal kegagalan kehamilan yang menimpa induk paus pembunuh karena kurangnya nutrisi.

Baca juga: Demi Kulit yang Sehat, Mungkin ini Alasan Migrasi Paus Pembunuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com