Beberapa Kali Terjadi Pembunuhan Wanita Transgender dalam Sepekan di Meksiko, Anggota Komunitas Semakin Ketakutan

Kompas.com - 06/09/2020, 17:14 WIB
Ilustrasi transgender. Ilustrasi transgender.

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Komunitas transgender di Meksiko semakin ketakutan dan menuntut perlindungan lebih besar dari negara, setelah terjadi pembunuhan kedua terhadap seorang anggota komunitasnya dalam sepekan.

Pada Sabtu (5/9/2020), seorang wanita transgender bernama Leslie Rocha dibunuh di perbatasan kota Ciudad Juarez, di Meksiko utara.

Rocha adalah korban pembunuhan wanita transgender kedua dalam beberapa pekan ini.

Baca juga: Anggota Kongres Brasil Beserta Anaknya Didakwa Terlibat dalam Pembunuhan Suaminya

Pembunuhan terhadap Rocha ini terjadi setelah beberapa hari kelompok masyarakat sipil transgender berdemo menuntut perlindungan yang lebih besar dari pemerintah.

Melansir Reuters pada Sabtu (6/9/2020), tuntutan mereka tersebut dipicu oleh pembunuhan aktivis transgender kelahiran Ciudad Juarez, bernama Mireya Rodriguez Lemus.

Jasad Lemus ditemukan awal pekan ini di Aquiles Serdan, sebuah kota di negara bagian Chihuahua utara.

Baca juga: Anggota Hezbollah Bersalah Atas Pembunuhan Rafic Hariri, Mantan PM Lebanon 2005 Silam

Seorang wanita transgender di Ciudad Juarez, yang menolak menyebutkan namanya, mengatakan bahwa orang-orang “sedikit takut, sedikit ketakutan” untuk keluar rumah.

“Kami tidak tahu harus berbuat apa lagi karena ada begitu banyak kejahatan rasial terhadap populasi trans,” ujarnya.

Deborah Alvarez, seorang aktivis transgender yang berbicara dengan Reuters awal pekan ini, menggambarkan komunitasnya yang diliputi kekhawatiran tentang keamanan diri.

Baca juga: Jaksa Terakhir sejak Sidang Pembunuhan Terbesar dalam Sejarah Kini Berusia 100 Tahun

"Anda tidak dapat membayangkan apa yang kami semua orang trans alami, hingga tiba di sini. Bagi kami yang masih harus melihat bahwa kami belum dilindungi," katanya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X