Setelah TikTok, India Blokir PUBG dan 118 Aplikasi Lain dari China

Kompas.com - 02/09/2020, 22:00 WIB
Logo PUBG PUBGLogo PUBG

NEW DELHI, KOMPAS.com – India memblokir 118 aplikasi telepon pintar dari China setelah sebelumnya memblokir TikTok dan banyak aplikasi lain.

Langkah tersebut diambil India di tengah ketegangan kedua negara yang semakin meningkat sebagaimana dilansir dari BBC, Rabu (2/9/2020).

Dalam aplikasi yang diblokir tersebut terdapat sejumlah aplikasi populer seperti PUBG Mobile dan WeChat Work.

Sebelumnya, India telah melarang 59 aplikasi dari China, termasuk TikTok, karena masalah keamanan nasional.

Baca juga: Buntut Konflik Panjang dengan AS, Begini Nasib TikTok Sekarang

Kementerian TI India mengatakan mereka memiliki "informasi yang dapat dipercaya" terbaru mengenai langkah yang melawan kepentingan India.

Kementerian tersebut mengatakan telah menerima banyak keluhan dari "berbagai sumber".

Mereka juga mendapat laporan tentang penyalahgunaan beberapa aplikasi seluler yang tersedia di platform Android dan iOS karena mencuri data penggguna.

Setelah mencuri data pengguna, aplikasi tersebut dituduh secara diam-diam mengirimkan data itu dengan cara yang tidak sah ke server yang memiliki lokasi di luar India.

Baca juga: Militer India Tuding China Lakukan Provokasi Baru di Perbatasan

"Kompilasi data ini, yang pada akhirnya mengganggu kedaulatan dan integritas India, adalah masalah yang sangat dalam dan segera menjadi perhatian yang memerlukan tindakan darurat," ujar kementerian tersebut.

Pemblokiran itu dilakukan di tengah peningkatan ketegangan antara China dengan India di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Baik India dan China mengerahkan lebih banyak pasukan ke wilayah Ladakh pada Juni dan bentrokan telah menyebabkan sedikitnya 20 tentara India tewas.

Citra satelit menunjukkan kemungkinan China telah membangun fasilitas baru yang menghadap ke wilayah perbatasan Himalaya.

Baca juga: Bermain PUBG Berhari-hari, Remaja 16 Tahun di India Meninggal

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X