Presiden Perancis Emmanuel Macron Kunjungi Sosok Pemersatu Lebanon Usai Penetapan PM Mustapha Adib

Kompas.com - 01/09/2020, 08:03 WIB
Presiden Perancis, Emmanuel Macron. AFP/BERTRAND GUAYPresiden Perancis, Emmanuel Macron.

BEIRUT, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron kunjungi simbol persatuan Lebanon, penyanyi Fairouz, saat tiba di Beirut, Lebanon pada Senin malam (31/8/2020).

Fairouz adalah salah satu penyanyi paling terkenal di dunia Arab, yang telah menjadi soundtrack Lebanon dari masa kejayaannya yang glamor, melewati era konflik, hingga trauma terbaru pasca-ledakan besar di Beirut.

Wanita berusia 85 tahun itu dianggap sebagai harta nasional dan simbol perdamaian, melampaui perpecahan faksi dan sektarian di Lebanon dan sekitarnya.

Informasi yang dikutip dari Reuters pada Senin (31/8/2020), masyarakat Lebanon masih marah pada elit politik Lebanon atas krisis ekonomi dan ledakan besar yang terjadi di pelabuhan Beirut pada awal Agustus.

Baca juga: Resmi, Mustapha Adib Jadi Perdana Menteri Lebanon yang Baru

Kemarahan masyarakat tergambarkan dari massa yang berkumpul dan menyampaikan beberapa seruan saat Macron kunjungi seniman tersebut pada Senin malam itu.

Para pengunjuk rasa berkumpul di luar rumah Fairouz, dengan mengangkat papan bertuliskan, "Tidak ada kabinet oleh, atau dengan, para pembunuh" dan "Jangan berada di posisi yang salah dalam sejarah!"

Beberapa kelompok meneriakkan "Jangan Adib", yang mengacu pada dipilihnya Mustapha Adib sebagai perdana menteri yang baru oleh para pemimpin Lebanon di bawah tekanan Perancis, pada Senin.

Setelah meninggalkan rumah Fairouz, Macron berhenti untuk berbicara dengan massa.

Baca juga: Menteri Perancis: Lebanon Berisiko Menghilang

“Saya membuat komitmen kepadanya (Fairouz), seperti saya membuat komitmen kepada Anda di sini malam ini, untuk melakukan segalanya agar reformasi dilaksanakan dan Lebanon menerima dengan lebih baik," katanya.

Ia meyakinkan massa dengan berkata, "Saya berjanji kepadamu. Aku tidak akan meninggalkanmu," ucapnya dalam sebuah siaran TV.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X