Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chadwick Boseman Black Panther dalam Jajaran 300 Artis Pendukung Black Lives Matter

Kompas.com - 29/08/2020, 11:56 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman, termasuk dalam jajaran artis kulit hitam Hollywood yang mendukung gerakan Black Lives Matter.

Lebih dari 300 artis Afro-Amerika Hollywood mendukung gerakan ini, untuk menuntut industri film Hollywood melepaskan diri dari polisi.

Mereka menandatangani surat yang dipelopori aktor Kendrick Sampson dan diterbitkan pada Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Chadwick Boseman Black Panther Meninggal, Twit Terakhirnya Dukung Kamala Harris

Dilansir dari Vanity Fair Rabu (24/6/2020), surat itu dilengkapi daftar tuntutan, seperti tidak menggunakan polisi di lokasi syuting dan acara, lepas dari konten anti-kulit hitam yang menampilkan kebrutalan serta korupsi polisi, dan berinvestasi dalam proyek-proyek anti-rasialisme.

Surat itu juga menuntut Hollywood merekrut dan mendukung profesional yang berkulit hitam di studio, agensi, dan banyak lagi.

Baca juga: Chadwick Boseman Black Panther Meninggal karena Kanker Usus

"Secara historis dan saat ini, Hollywood mendorong epidemi kekerasan polisi dan budaya anti-kulit hitam," bunyi pernyataan itu yang dikutip Vanity Fair.

"Cara Hollywood dan media arus utama berkontribusi pada kriminalisasi orang kulit hitam, representasi yang keliru dari sistem hukum, dan glorifikasi terhadap korupsi serta kekerasan polisi telah menimbulkan konsekuensi yang mengerikan pada kehidupan orang-orang kulit hitam," lanjutnya.

Sampson menulis surat itu setelah mengorganisir demo anti-kebrutalan polisi usai kematian George Floyd.

Aktor yang sudah lama menjadi aktivis ini ditembak 7 kali dengan peluru karet dan dipukuli polisi dengan tongkat saat berdemo di Los Angeles akhir Mei.

Baca juga: Mural Black Lives Matter di Chicago Dihapus, Diganti All Lives Matter

Surat itu juga didukung oleh beberapa organisasi seperti NAACP Hollywood Bureau, Black Lives Matter, dan Color of Change.

Mereka secara lantang menuntut keadilan bagi para korban antara lain George Floyd, Breonna Taylor, Tony McDade, dan Nina Pop.

"Kami menuntut perbaikan ke arah lebik baik," bunyi surat itu.

"Buktikan Black Lives Matter ke Hollywood dengan mengambil langkah beraniuntuk menegaskan, mempertahankan, dan membantu kehidupan orang kulit hutam."

Baca juga: Dukung Gerakan Black Lives Matter, LOreal Hapus Kata Whitening di Produknya

"Ikuti contoh dari Minneapolis School District, Denver Public Shools, University of Minnesota, dan banyak institusi lainnya dalam melepaskan diri dari sistem kepolisian dan membantu komunitas kulit hitam."

Aksi protes itu mendorong Hollywood membuat beberapa perubahan, termasuk memperhitungkan cara TV dan film menampilkan "copaganda" dalam membentuk budaya.

Serial tv seperti Cops yang bermasalah dan sudah lama berjalan juga dibatalkan.

Beberapa aktor yang berperan sebagai agen penegak hukum di tv juga memberikan sumbangan, dana jaminan, serta obligasi.

Chadwick Boseman meninggal dunia hari ini (29/8/2020) pada usia 42 tahun di rumahnya di Los Angeles. Dia didampingi istri dan keluarganya pada hari-hari terakhirnya.

Menurut keluarga, Boseman menderita kanker usus. Dia didiagnosis empat tahun lalu.

Baca juga: Mengenal Kanker Usus, Penyebab Kematian Aktor Black Panther Chadwick Boseman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com