Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Mundurnya PM Jepang Shinzo Abe, Ini Kandidat Penggantinya

Kompas.com - 28/08/2020, 17:09 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Kabar mendadak dari Jepang, bahwa Shinzo Abe mengundurkan diri dari jabatannya perdana menteri pada hari ini (28/8/2020), karena kondisi kesehatannya yang memburuk, memicu kebingungan tentang pemerintahan Jepang ke depan.

Pengumuman pengunduran diri Abe akan memicu pemilihan di Partai Demokrat Libeal (LDP) untuk menggantikannya sebagai presiden partai, diikuti dengan pemungutan suara di parlemen untuk pemilihan perdana menteri yang baru.

Kabinet pemerintahan Abe akan terus menjalankan tugas sampai perdana menteri baru terpilih, tetapi tidak dapat mengadopsii kebijakan baru.

Perdana menteri baru yang memenangkan pemilihan partai akan mengisi jabatan tersebut hingga akhir masa jabatan LDP Abe pada September 2021.

Presiden partai yang baru secara virtual memastikan jabatan perdana menteri, karena partai tersebut memiliki mayoritas suara di majelis rendah parlemen.

Biasanya, partai harus mengumumkan pemilihan pemimpinnya sebulan sebelumnya, dan anggota parlemennya memberikan suara bersama dengan anggota akar rumput.

Namun, dalam kasus pengunduran diri yang tiba-tiba, pemungutan suara luar biasa harus dilakukan "secepat mungkin" dengan peserta dipersempit menjadi anggota parlemen dan perwakilan dari partai lokal.

Melansir Reuters pada Senin (24/8/2020), berikut adalah detail dari beberapa pesaing yang mungkin akan menggantikan Abe memimpin negara ekonomi terbesar ketiga di dunia ini.

Baca juga: PM Jepang Shinzo Abe Mundur Lagi karena Penyakit sejak Remaja

Taro Aso

Menteri Keuangan Aso (79 tahun) yang juga merangkap sebagai wakil perdana menteri, telah menjadi anggota inti pemerintahan Abe.

Tanpa konsensus yang jelas tentang siapa yang harus menggantikan Abe, anggota parlemen LDP dapat memilih Aso sebagai pemimpin sementara.

Pada 2008, Aso terpilih sebagai pemimpin LDP dan karenanya, menjadi perdana menteri, dengan harapan ia dapat menghidupkan kembali kekayaan partai yang telah lama dominan itu.

Sebaliknya, LDP digulingkan dalam kekalahan bersejarah dalam pemilihan umum 2009, berada dalam oposisi selama 3 tahun berikutnya.

Cucu mantan perdana menteri, Aso memadukan pengalaman kebijakan dengan kesukaan pada komik manga dan kecenderungan ke arah kesalahan.

Shigeru Ishiba

Mantan menteri pertahanan yang keras dan kritikus LDP Abe, Ishiba (63 tahun), secara teratur menduduki puncak survei anggota parlemen yang ingin dilihat sebagai perdana menteri berikutnya, tetapi kurang populer di kalangan anggota parlemen partai.

Ishiba memegang portofolio untuk pertanian dan menghidupkan kembali ekonomi lokal.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com