PM Jepang Shinzo Abe Akan Gelar Konferensi Pers soal Kondisi Kesehatannya

Kompas.com - 28/08/2020, 13:33 WIB
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe AFP /BEHROUZ MEHRIPerdana Menteri Jepang Shinzo Abe

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berencana mengadakan konferensi pers pukul 5 sore waktu setempat, Jumat hari ini (28/8/2020) menurut keterangan kantornya, di tengah kekhawatiran akan kondisi kesehatannya yang kian memburuk.

Shinzo Abe dikutip Reuters, telah melalui dua pemeriksaan rumah sakit dalam seminggu dan akan mengumumkan pengunduran dirinya.

Sebuah sumber anonim mengatakan kepada Reuters bahwa Abe berkonsultasi dengan dokter sebelum Jumat baik melalui telepon maupun kunjungan langsung ke rumah sakit.

Baca juga: Kesehatan Memburuk, PM Jepang Shinzo Abe Akan Mundur

Pada konferensi pers nanti, Abe akan memberikan penjelasan tentang kondisi kesehatannya dan membahas penanganan pemerintah Jepang terhadap wabah virus corona, menurut media dalam negeri.

Berdasarkan jadwal, pada Jumat ini Abe akan menghadiri pertemuan satuan tugas tanggap virus corona sebelum melakukan konferensi persnya.

Baca juga: Kesehatan Memburuk, PM Jepang Shinzo Abe Akan Mundur

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Apa yang diderita Abe?

PM Abe telah berjuang melawan kondisi kolitis ulseratif kronis alias radang usus besar sejak masa remaja, sebagaimana dilansir Japan Today.

Meski dia belum merinci soal penyakitnya itu, dia mengatakan ingin menjaga kesehatannya dan melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya.

Akira Amari, sekutu dekat Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, berusaha menghilangkan keraguan atas kesehatan Abe pada Selasa lalu dengan mengatakan kepada Reuters bahwa kondisi Abe terlihat lebih baik daripada pada pertengahan Agustus dan kemungkinan akan memenuhi masa jabatannya hingga September tahun depan.

Baca juga: PM Jepang Shinzo Abe Akhirnya Kembali Bekerja Setelah Kesehatannya Diperbincangkan

Pernyataannya digaungkan pada Rabu oleh Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura, yang mengatakan Abe tampak "sedikit lelah" selama dua minggu terakhir tetapi tampak "sangat baik" pada Selasa dan "memberi kami berbagai arahan seperti biasa".

"Kami ingin dia terus menjaga kesehatannya dan menunjukkan kepada kami kepemimpinannya," kata Nishimura seperti dikutip Japan Today dalam rapat komite parlemen.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X