Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hebat di California, Akibat Hampir 11.000 Sambaran Petir Selama 72 Jam

Kompas.com - 20/08/2020, 17:21 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber ABCNews

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Hampir 11.000 sambaran petir selama 72 jam menyulut ratusan kebakaran di seluruh California, meliputi alam liar, permukiman warga, yang memaksa ribuan orang untuk mengungsi.

Melansir ABC News pada Kamis (20/8/2020), ribuan sambaran pertir tersebut membuat tim pemadam kebakaran sangat sibuk bekerja dari ujung ke ujung negara bagian.

Gubernur California, Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat di seluruh California. Menyerukan adanya personeldan peralatan tambahan untuk memadamkan kebakaran, dari jalur darat dan udara.

"Apa yang telah terjadi selama 72 jam terakhir pasti telah menghabiskan sumber daya California," kata Newsom pada konferensi pers pada Rabu (19/8/2020).

Kebakaran terjadi bersama dengan datangnya gelombang panas yang memecahkan rekor di California, dengan suhu tinggi melewati 100 derajat celcius setiap hari dalam pekan ini.

"Selama 72 jam terakhir, California telah mengalami pengepungan petir yang bersejarah," kata Jeremy Rahn, Kepala Divisi Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, alias Cal Fire.

Rahn mengatakan bahwa lebih dari 10.849 sambaran petir telah memicu 367 kebakaran baru sejak Senin (17/8/2020), sehingga hal itu membuat "sumber daya habis karena api baru terus menyala."

Baca juga: Berjuang Memadamkan Kebakaran California, Pilot Helikopter Tewas Terjatuh

Tidak ada kematian yang dilaporkan secara langsung akibat kebakaran, tetapi banyak orang terluka saat berusaha melarikan diri dari api, kata para petugas pemadam kebakaran.

Seorang pilot helikopter yang terlibat dalam pemadaman kebakaran tewas dalam kecelakaan sekitar 11 mil dari selatan Bandara Kota New Coalinga di Coalinga, California.

Kecelakan itu kata para petugas terjadi sekitar pukul 10 pagi waktu setempat.

Penyebab kecelakaan masih belum diketahui. Kecelakaan itu memicu kobaran api lain, kata pihak berwenang.

Dua dari kebakaran hutan terbesar terjadi di California Utara.

Kebakaran yang disebut dengan Api Petir Kompleks SCU dimulai pada Selasa, yang melahap lebih dari 85.000 hektar wilayah di seluruh Santa Clara, Alameda, Contra Costa, San Joaquin, dan wilayah Stanislaus.

Lima persen dari kebakaran itu baru bisa di atasi pada Rabu sore (19/8/2020).

Baca juga: Suhu Mencapai 54,4 Derajat Celcius, Selama 2 Hari California Lakukan Pemadaman Listrik

Cal Fire mengatakan pada Rabu malamnya bahwa banyak orang terluka dalam kebakaran itu dan telah dievakuasi, tetapi belum terdapat rincian lebih lanjutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com