Ikut Rayakan HUT Ke-75 Indonesia, Kota di Australia Ini Pantulkan Cahaya Merah Putih

Kompas.com - 18/08/2020, 16:23 WIB
Agustinus Jogiono, warga asal Yogyakarta yang tinggal di Brisbane, Australia, mengenakan blangkon dan surjan ketika berpose di depan jembatan Brisbane yang berwarna merah putih pada Senin (17/8/2020). Cahaya merah putih tersebut merupakan bentuk ikut merayakan 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Facebook/Agustinus Jogiono via ABC IndonesiaAgustinus Jogiono, warga asal Yogyakarta yang tinggal di Brisbane, Australia, mengenakan blangkon dan surjan ketika berpose di depan jembatan Brisbane yang berwarna merah putih pada Senin (17/8/2020). Cahaya merah putih tersebut merupakan bentuk ikut merayakan 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

BRISBANE, KOMPAS.com - Lampu di Story Bridge, jembatan yang menjadi ikon kota Brisbane telah berubah warna menjadi merah putih pada hari Senin malam (17/08/2020).

Agustinus Jogiono warga asal Yogyakarta yang kini tinggal di Brisbane memotret jembatan tersebut dan dua lokasi lainnya di pusat kota Brisbane.

"Sangat bangga," ujar Yogi, panggilan akrabnya saat dihubungi Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

Baca juga: Kim Jong Un Beri Ucapan Selamat HUT Ke-75 Indonesia

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, cahaya merah putih menyala di tiga lokasi yaitu The Story Bridge, Victoria Bridge, dan Brisbane City Hall," ujarnya yang juga mengunggah foto-fotonya di akun Facebook miliknya.

Yogi sudah berada di Australia selama 14 tahun untuk mengikuti istrinya yang saat ini menjadi dosen di University of Queensland.

Saat ini Yogi sedang disibukkan sebagai editor video, fotografer, serta dalang wayang kulit.

Yogi juga mengatakan pernah ada juga panggilan untuk bermain film, salah satunya film yang mengangkat kisah Schapelle Corby yang pernah menjalani di penjara Kerobokan Bali, dan juga dalang wayang kulit.

Malam kemarin, Yogi tak hanya mengabadikan foto dari tiga lokasi, tapi ia juga lengkap menggunakan baju blangkon atau surjan khas Jawa.

"Surjan adalah memunculkan ciri khasku dari Jogja dan pakaian yang sering saya pakai ndhalang," kata Yogi.

Baca juga: Masa Pandemi, KJRI Los Angeles Gelar Upacara dan Aubade Virtual untuk Rayakan HUT Ke-75 Indonesia

Dalam situs kota Brisbane disebutkan pancaran cahaya merah putih pada malam 17 Agustus menjadi bentuk "dukungan bagi hari kemerdekaan Indonesia".

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X