Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Pandemi, KJRI Los Angeles Gelar Upacara dan Aubade Virtual untuk Rayakan HUT Ke-75 Indonesia

Kompas.com - 18/08/2020, 10:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

LOS ANGELES, KOMPAS.com – Pandemi virus corona tidak menyurutkan warga dan diaspora Indonesia di luar negeri untuk merayakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia Los Angeles (KJRI LA), Amerika Serikat (AS), menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-75 secara daring melalui platform Zoom dan Facebook Live pada Senin (17/8/2020) waktu setempat.

Melalui pers rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/8/2020) pacara tersebut dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P Krisnawan.

Seluruh staf dan anggota Dharma Wanita Persatuan KJRI LA mengikuti upacara yang digelar di Auditorium KJRI LA tersebut.

Selain itu, sejumlah masyarakat atau diaspora Indonesia di wilayah kerja KJRI LA turut mengikuti upacara itu secara daring.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Asal NTT Jadi Paskibra di KJRI Melbourne

Upacara berjalan dengan khidmat meskipun digelar secara virtual. Tentunya, protokol kesehatan menjadi panduan kami dalam penyelenggaraan upacara tersebut,” kata Saud.

Dia menambahkan upacara tersebut mendapat sambutan yang cukup meriah dan masyarakat atau diaspora Indonesia yang tersebar di South California, South Nevada, Arizona, Colorado, Hawaii, Utah, American Samoa, dan Guam.

Salah satu diaspora Indonesia, Anton Pratama, mengucapkan terima kasih kepada KJRI LA karena telah menggelar upacara peringatan kemerdekaan RI secara virtual.

“Walau (digelar secara) virtual, tapi hati ini bergetar dan terharu dengan penyelenggaraan upacara itu,” kata Cynthia Inderabudhi dan Jayadharma Sogata, diaspora Indonesia yang berdomisili di California Selatan.

Upacara tersebut juga diramaikan dengan aubade atau paduan suara lagu-lagu kebangsaan dari masyarakat atau diaspora Indonesia di wilayah kerja KJRI LA secara virtual.

Baca juga: KJRI Hamburg Jalin Kerja Sama Pemerintah Setempat untuk Pemulihan Ekonomi di Masa Covid-19

“Saya bangga bisa berkontribusi menyanyikan Iagu nasional untuk aubade virtual yang diselenggarakan KJRI LA,”ujar Ayu Karmini, warga negara indonesia (WNI) yang bermukim di
Saipan.

KJRI LA mengatakan kontribusi warga atau diaspora Indonesia atas lagu-lagu nasional dalam virtual membuktikan fisik yang jauh dari tanah air tidak memupus rasa kecintaan terhadap Indonesia.

Para nelayan Indonesia kini sedang sandar di Hawaii dengan semangat menyanyikan lagu Hari Merdeka.

“Tidak disangka walaupun jauh dan Tanah Air kami tetap merasakan kemeriahan, kekompakan dan semangat kebanggaaan kepada Indonesia,” terang Tantri Adamson, diaspora Indonesia di Hawaii.

Baca juga: Episenter Covid-19 AS Bergeser ke Midwest, Begini Imbauan KJRI Chicago ke WNI

Dalam rangka perayaan HUT ke-75 RI, KJRI LA juga menyelenggarakan serangkaian perlombaan virtual yang terbuka bagi seluruh masyarakat atau diaspora Indonesia yang menetap di wilayah kerja KJRI LA.

Lomba yang digelar tersebut meliputi lomba menggambar, Iomba karya tulis, hingga lomba memasak mi instan serupa dengan gambar di bungkusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com