Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini dengan Berani Tinju Hiu Putih Sepanjang 3 Meter untuk Selamatkan Istrinya

Kompas.com - 17/08/2020, 13:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang pria di Australia menceritakan keberaniannya meninju hiu putih sepanjang tiga meter untuk menyelamatkan sang istri.

Semua berawal ketika Chantelle Doyle tengah berselancar di Port Macquarie, New South Wales, pada Sabtu pagi waktu setempat (15/8/2020).

Tiba-tiba dari air datang hiu putih sepanjang tiga meter, di mana betis kanan perempuan 35 tahun tergigit, sebelum si hiu beralih ke paha.

Baca juga: Pria Ini Selamat dari Serangan Hiu dengan Masukkan Papan Selancar ke Mulutnya

Menyadari sang istri diserang, pria bernama Mark Rapley itu langsung meninggalkan papan selancarnya dan mulai meninju predator yang dilaporkan masih remaja.

Kepala Eksekutif Surf Life Saving Steven Pearce mengungkapkan, Rapley berjibaku supaya istrinya bisa terbebas dari gigitan si hiu.

"Dia kemudian segera membawanya ke pantai," jelas Pearce seraya memuji aksi yang ditunjukkan Rapley "berani" dan "heroik", dilansir The Sun.

Pengunjung pantai dan paramedis bergegas memberikan pertolongan awal kepada Chantelle di pantai, sebelum dia dilarikan dengan ambulans udara.

Chantelle kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Newcastle untuk mendapatkan operasi spesialis, dengan kondisinya saat ini dilaporkan stabil.

Sesama peselancar Peter Lobb mengatakan, dia mendengar teriakan Chantelle dan melihatnya langsung digigit saat duduk di papan selancar.

Baca juga: Bocah Laki-laki Ini Diseret Hiu dari Perahu, Kasus Fatal Ke-5 Tahun Ini di Australia

"Sangat luar biasa. Teriakannya tak bisa dibayangkan. Terdapat juga percikan di mana-mana," kata saksi lain, Jed Toohey, kepada Daily Telegraph.

Toohey menuturkan bagaimana Rapley memukul si hiu putih besar untuk menyelamatkan sang istri. "Dia juga cukup kuat membawa istrinya ke tepi," pujinya.

Para pengunung Pantai Shelly disebut berusaha menekan pendarahan dengan membebatkan kain di kaki Chantelle, yang terus berkata dia tidak apa-apa.

Aksi pemberian pertolongan pertama kepada Chantelle mendapatkan pujian dari Manajer Operasional Ambulans New South Wales, Andrew Beverley.

Para penjaga pantai di Port Macquarie dalam pernyataan di Facebook menerangkan, mereka langsung menutup lokasi kejadian.

Mereka kemudian berpatroli menggunakan jetski, perahu penyelamat, hingga drone untuk memantau jika hiu putih yang menyerang Chantelle masih terlihat.

Baca juga: Bukan Hewan Soliter, Hiu Terbukti Membentuk Komunitas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com