Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres Belarus Rusuh, Viral Video Jeritan Demonstran yang Disiksa di Tahanan

Kompas.com - 14/08/2020, 07:47 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MINSK, KOMPAS.com - Para aktivis di Belarus merekam "jeritan korban penyiksaan" yang suaranya keluar dari dalam penjara Minsk.

Aksi pada Kamis (13/8/12020) itu dilakukan pada hari keempat demonstrasi untuk menentang rezim pemerintahan yang dituding memenangi pemilu dengan curang.

Akibatnya, para pengunjuk rasa turun ke jalan dan bentrok dengan polisi. Para demonstran melemparkan batu dan kembang api, sedangkan polisi menanganinya dengan peluru karet dan gas air mata.

Baca juga: Presiden Belarus Alexander Lukashenko, Diktator Terakhir di Eropa, Kembali Menang Pilpres

Para demonstran menuduh Presiden Alexander Lukashenko yang dijuluki "diktator terakhir Eropa", menang secara ilegal dengan 80 persen suara untuk menjalankan masa jabatan keenamnya.

Video yang diunggah euroradio.fm di Twitter menampilkan suara jeritan di penjara Akrestina, Minsk, yang diduga adalah suara jeritan para demonstran yang disiksa. Mereka terdengar menangis pada malam hari.

"Anda dapat mendengar teriakan para tahanan di rumah penyiksaan Akrestina di Minsk, yang direkam oleh @euroradio," demikian retweet dari jurnalis Ukraina Maksym Eristavi.

"Warga di sekitar lokasi mengatakan suara itu terus berlanjut sepanjang malam. Ribuan orang ditahan di sel seperti ini di seluruh Belarus. Ini adalah beberapa borok Pengadilan Den Haag. #FreeBelarus," tulisnya.

Baca juga: Presiden Belarus Hadiri Paskah di Tengah Covid-19: Saya Tak Setuju Orang Dihalangi ke Gereja

Menurut BBC, semakin banyak bukti yang menunjukkan polisi melakukan tindakan brutal terhadap para pengunjuk rasa dan orang-orang yang lewat, baik di jalan maupun di dalam penjara.

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (13/8/2020), Nikita Telizhenko dari situs berita Znak.com Rusia mendekam di penjara Minsk selama tiga hari.

Di sana dia menggambarkan situasi di dalam penjara. Dikatakannya, orang-orang berbaring saling menindih satu sama lain, dikelilingi darah dan kotoran manusia.

Dia menduga para tahanan sengaja ditempatkan begitu dan dilarang menggunakan toilet.

Telizhenko menambahkan, dia termasuk tahanan yang terluka parah dan tidak diizinkan mendapat perawatan medis meski tubuhnya babak belur penuh memar karena dipukuli banyak petugas.

Baca juga: Presiden Belarus ini Sebut Vodka dan Sauna Lindungi Diri dari Virus Corona

BBC melaporkan, para tahanan termasuk pejalan kaki dan jurnalis yang tidak terlibat dalam aksi unjuk rasa.

Michelle Bachelet Komisaris Tinggi HAM PBB pada Rabu (12/8/2020) mengecam kekerasan buntut sengketa pilpres di Belarus, dan mendesak para pengunjuk rasa yang ditahan tidak sah segera dibebaskan.

Ia juga mengecam penggunaan peluru karet, meriam air, dan granat kejut oleh polisi kepada para demonstran, dan mengatakan bahwa keluhan para pengunjuk rasa harus didengarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com