Kompas.com - 12/08/2020, 12:21 WIB
Foto ini disediakan oleh Kementerian Pertahanan Prancis menunjukkan kebocoran minyak dari MV Wakashio, sebuah kapal kargo curah yang baru-baru ini kandas di lepas pantai tenggara Mauritius, Minggu (9/8/2020) AP Photo/Gwendoline DefenteFoto ini disediakan oleh Kementerian Pertahanan Prancis menunjukkan kebocoran minyak dari MV Wakashio, sebuah kapal kargo curah yang baru-baru ini kandas di lepas pantai tenggara Mauritius, Minggu (9/8/2020)

PORT LOUIS, KOMPAS.com - Sukarelawan di Mauritius mendapati belut dan bintang laut mati dari perairan Mauritius yang ditumpahi minyak pada Selasa (11/8/2020).

Dilansir dari Reuters, Kapal MV Wakashio setidaknya telah menumpahkan 1.000 ton bahan bakar minyaknya ke perairan tersebut.

Kapal yang dimiliki Nagashiki Shipping dan dioperasikan oleh Mitsui OSK Lines tersebut menabrak terumbu karang di pantai tenggara Mauritius pada 25 Juli.

Namun, MV Wakashio baru mulai menumpahkan minyaknya pekan lalu. Hingga kini minyak dari lambung kapal tersebut masih bocor ke laut.

Sukarelawan mengatakan kepada Reuters bahwa terdapat cairan hitam pekat pada belut dan bintang laut yang mati.

Baca juga: MV Wakashio Retak, Bencana Minyak Tumpah di Mauritius Bisa Makin Parah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka menambahkan kepiting dan burung laut kini sedang sekarat.

"Kami tidak tahu kondisi kapal itu sekarang, retakannya mungkin lebih lebar," ujar salah satu sukarelawan Yvan Luckhun.

Perdana Menteri Mauritius Pravind Jugnauth mengatakan pada Senin (10/8/2020) bahwa Kapal MV Wakashio masih menyimpan sekitar 2.000 ton minyak dan diperkirakan akan mengalami kerusakan lebih lanjut.

Jugnauth memperingatkan bahwa negara itu harus bersiap menghadapi kemungkinan yang paling terburuk.

Pemerintah Mauritius juga telah mengumumkan keadaan bencana lingkungan pada Jumat (7/8/2020) pekan lalu dan meminta bantuan internasional.

Baca juga: Tragedi Minyak Tumpah Terparah di Mauritius, Keadaan Darurat Lingkungan Diumumkan

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.