[Hari Ini dalam Sejarah] Pernikahan Pertama di Luar Angkasa

Kompas.com - 10/08/2020, 16:44 WIB
Yuri Malenchenko (kanan) melangsungkan pernikahan dari stasiun luar angkasa, sedangkan kekasihnya Ekaterina Dmitriev berada di aula utama Gilruth Center di Johnson Space Center NASA di Houston, Amerika Serikat. Ini adalah kali pertama luar angkasa mengadakan resepsi pernikahan. REUTERS/RICHARD CARSONYuri Malenchenko (kanan) melangsungkan pernikahan dari stasiun luar angkasa, sedangkan kekasihnya Ekaterina Dmitriev berada di aula utama Gilruth Center di Johnson Space Center NASA di Houston, Amerika Serikat. Ini adalah kali pertama luar angkasa mengadakan resepsi pernikahan.

HOUSTON, KOMPAS.com - Kosmonot Yuri Malenchenko dan istrinya mencetak sejarah, dengan menjadi pasangan pertama yang mengadakan resepsi pernikahan di luar angkasa pada 10 Agustus 2003.

Pernikahan mereka berlangsung pada Minggu sore waktu setempat, namun bukan berarti resepsi mereka benar-benar diadakan di luar angkasa.

Ekaterina "Kat" Dmitriev selaku mempelai wanita berada di Texas, sedangkan mempelai pria di luar angkasa.

Baca juga: [Hari Ini dalam Sejarah] Kisah 2,5 Jam Pijakan Pertama Manusia di Bulan

Cara pernikahan ini mereka putuskan usai berbulan-bulan lamanya dipusingkan oleh birokrasi.

Kat saat itu berusia 26 tahun. Ia berjalan menyusuri lorong di aula utama Gilruth Center di Johnson Space Center NASA di Houston.

Di situlah Yuri Malenchenko yang berusia 42 tahun "muncul". Namun mempelai pria tidak memakai pakaian pengantin, dan tetap mengenakan seragam penerbangan formal.

Ia didampingi rekannya di pesawat, Ed Lu, yang tampil dalam panggilan video.

Baca juga: [Hari Ini dalam Sejarah] Raja Yordania Dibunuh Nasionalis Palestina di Al Aqsa saat Hendak Shalat Jumat

NBC News memberitakan, transmisi antara aula dengan stasiun luar angkasa itu secara resmi dikategorikan sebagai "Konferensi Keluarga Pribadi" dan tidak disiarkan ke publik melalui TV NASA.

Pengantin wanita berjalan diiringi lantunan lagu David Bowie berjudul Absolute Beginners. Ia pun menyanyikan liriknya.

Sesuai hukum Texas, mereka melakukan seremoni pernikahan yang diwakilkan. Malenchenko diwakili temannya di Houston, seorang ahli bedah di penerbangan Rusia.

Halaman:
Baca tentang

Sumber NBC News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X