Menkes AS: Trump Tawarkan Dukungan Kuat kepada Taiwan

Kompas.com - 10/08/2020, 10:43 WIB
Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar mendengarkan selama diskusi meja bundar tentang senior Amerika yang dipandu oleh Presiden AS Donald Trump di Ruang Kabinet di Gedung Putih di Washington, AS, 15 Juni 2020. Reuters/Leah MillisMenteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar mendengarkan selama diskusi meja bundar tentang senior Amerika yang dipandu oleh Presiden AS Donald Trump di Ruang Kabinet di Gedung Putih di Washington, AS, 15 Juni 2020.

TAIPEI, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump menawarkan dukungan yang kuat terhadap Taiwan yang demokratis.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar pada Senin (10/8/2020) saat berkunjung ke Taiwan.

Dilansir dari Reuters, Azar menambahkan bahwa penanganan pemerintah Taiwan terhadap pandemi virus corona termasuk salah satu yang terbaik di dunia.

Kedatangan Azar merupakan kunjungan tingkat tertinggi Washington sejak pengalihan pengakuan diplomatik ke China pada 1979.

Baca juga: Delegasi AS Mendarat di Taiwan, Kunjungan Level Tertinggi sejak 1979

Rencana kunjungan itu sendiri sudah dikecam oleh China jauh hari sebelum benar-benar terealisasi.

Washington telah memutuskan hubungan resmi dengan Taipei pada 1979 sebagai bentuk dukungan terhadap Beijing.

Namun baru-baru ini, Pemerintahan Trump telah memprioritaskan penguatan dukungan terhadap Taiwan dan meningkatkan penjualan senjata.

"Merupakan sebuah kehormatan berada di sini untuk menyampaikan pesan persahabatan dan dukungan yang kuat dari Presiden Trump ke Taiwan," kata Azar kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Baca juga: Peluncur Roket China Bisa Menghancurkan Seluruh Pangkalan Militer Taiwan

Azar berkunjung ke Taiwan dalam rangka memperkuat kerja sama di sektor ekonomi dan kesehatan masyarakat.

“Tanggapan Taiwan terhadap Covid-19 telah menjadi salah satu yang paling sukses di dunia. Itu merupakan penghargaan untuk perangai masyarakat dan budaya Taiwan yang terbuka, transparan, dan demokratis,” ujar Azar.

Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X